Rangkuti, Nuraini (2014) MENINGKATKAN RASA TANGGUNG JAWAB DALAM KEGIATAN AKADEMIK MELALUI PEMBELAJARAN KARAKTER CERDAS FORMAT KELOMPOK PKC KO PADA KONSELOR SEBAYA DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN TAHUN 2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1102151012 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
1102151012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
1102151012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
1102151012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
1102151012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
1102151012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
1102151012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
1102151012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
1102151012 BAB I.pdf - Published Version
Download (652kB) | Preview
1102151012 BAB V.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
1102151012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui PembelajaranKarakter Cerdas Format Kelompok PKC KO akan dapat meningkatkan rasatanggung jawab dalam kegiatan akademik pada mahasiswa konselor sebaya diUniversitas negeri Medan Tahun 2014 Tujuan penelitian ini adalah meningkatkanrasa tanggung jawab dalam kegiatan akademik pada mahasiswa konselor sebayaUniversitas Negeri Medan melalui Pembelajaran Karakter Cerdas FormatKelompok PKC KODesain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitiantindakan Bimbingan Konseling PTBK dengan menggunakan teknik analisisdeskripstif kualitatif data Subjek dalam penelitian ini adalah komunitasmahasiswa konselor sebaya Unimed sebanyak 8 orang Pengumpulan datapenelitian dilakukan dengan menggunakan angket yang diberikan kepada subjekpenelitian catatan lapangan, lembar penilaian AKURS dan lembar observasipelaksanaan kegiatan yang diberikan kepada observer untuk menilai keberhasilantindakanDari hasil analisis data pada siklus I setelah dilakukan tindakan yangberupa Pembelajaran Karakter Cerdas Format Kelompok PKC KO terjadipeningkatan sebesar 50 Hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi yang diberikanoleh peneliti kepada mahasiswa namun peningkatan ini masih berada dalamkriteria kurang berhasil sehingga perlu dilanjutkan ke siklus II karena belummencapai target yang telah ditentukan peneliti Dari hasil analisis data pada siklusII setelah dilakukan tindakan terjadi peningkatan sebesar 75% dan persentase initelah sesuai dengan target keberhasilan yang telah ditetapkan oleh penelitisebelum melakukan tindakan Dengan demikian dapat dinyatakan bahwaPembelajaran Karakter Cerdas Format Kelompok PKC KO dapat meningkatkanrasa tanggung jawab mahasiswa dalam kegiatan akademik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371 404 7 ran m |
Keywords: | Tanggung jawab akademik; Pembelajaran karakter; Cerdas format kelompok; Saran dan kelengkapan; Tahap kegiatan |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 02 Aug 2016 03:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7809 |