Lisya, Chairul (2014) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA KARTU KATA DI TK IBUNDA KECAMATAN HAMPARAN PERAK TAHUN AJARAN 2013-2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103113005 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
1103113005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (892kB) | Preview
1103113005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
1103113005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
1103113005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
1103113005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1103113005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1103113005 BAB I.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
1103113005 BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
1103113005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
Abstract
Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan membaca permulaan anak di TK Ibunda masih rendah. Anak belum bisa membaca gambar yang memiliki kata / kalimat sederhana, dikarenakan metode pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan membaca anak masih belum tepat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun melalui media kartu kata di TK Ibunda Kecamatan Hamparan Perak Tahun Ajaran 2013-2014. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan variabel pertama, membaca permulaan adalah kecakapan dalam kegiatan melihat serta memahami isi dari apa yang tertulis kemudian menterjemahkan simbol (huruf) ke dalam suara yang dikombinasi dengan kata-kata di mana kata-kata tersebut merupakan satu kesatuan yang mempunyai makna ,dan varibel kedua,media kartu kata adalah alat bantu fisik yang digunakan untuk menyampaikan pesan berbentuk kartu berisi kata sehingga dapat disusun menjadi kalimat yang akan disampaikan dalam proses belajar mengajar. Data dikumpulkan dengan teknik observasi. Hasil penelitian siklus I pertemuan I, belum ada anak yang masuk dalam kategori sangat baik, 5 orang anak (33,3%) pada kategori baik, 4 orang anak (26,7%) pada kategori cukup dan 6 orang anak (40%) pada kategori kurang. Data rata-rata kemampuan membaca permulaan anak adalah 11,73. Sedangkan pada siklus I pertemuan 2 terdapat 2 orang anak (13,3%) pada kategori sangat baik,8 orang anak (53,4%) pada kategori baik, 3 orang anak (20%) pada kategori cukup, dan 2 orang anak (13,3%) pada kategori kurang. Dan rata-rata kemampuan membaca permulaan pada anak adalah 13,73. Kemudian pada siklus II pertemuan I, 2 orang anak (13,3%) pada kategori sangat baik, 6 orang anak (40%) pada kategori baik, 5 orang anak (33,4%) pada kategori cukup dan 2 orang anak (13,3%) pada kategori kurang. Data rata-rata kemampuan membaca permulaan anak adalah 13,00. Sedangkan pada siklus II pertemuan 2 terdapat 4 orang anak (26,7%) pada kategori sangat baik,9 orang anak (60%) pada kategori baik, 2 orang anak (13,3%) pada kategori cukup. Dan rata-rata kemampuan membaca permulaan pada anak adalah 14,73.Berdasarkan data di atas menunjukkan bahwa ada peningkatan pada kemampuan membaca permulaan anak di TK Ibunda.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.22 Lis m |
Keywords: | Kemampuan Membaca; Membaca Permulaan; Kartu Kata; Media Pembelajaran; Anak Usia Dini |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 02 Aug 2016 02:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7805 |