Barus, Natalia Br (2014) UPAYA MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI BERMAIN FINGER PAINTING DI TK IMMANUEL KIDS 2 STM HILIR DELI SERDANG. Undergraduate thesis, UNIMED.
109113040 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
109113040 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (559kB) | Preview
109113040 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
109113040 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
109113040 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
109113040 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
109113040 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
109113040 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
109113040 BAB I.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
109113040 BAB V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
109113040 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan bermain finger painting di TK IMMANUEL KIDS 2 tahun ajaran 2013/2014.Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK IMMANUEL KIDS 2, yang berjumlah 30 orang anak, terdiri dari 18 anak perempuan dan 12 anak laki-laki. Sedangkan objek penelitian ini adalah mengembangkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Finger Painting Di TK IMMANUEL KIDS 2.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi aspek kreativitas anak dengan indikator yakni: rasa ingin tahu, bersifat imajinatif, sifat menghargai, merasa tertantang, berani mengambil resiko.Hasil analisa pada siklus I pertemuan 1 menunjukkan sebanyak 3,4% anak tergolong sangat tinggi, sebanyak 0% anak tergolong tinggi, sebanyak 23,3% anak tergolong cukup dan sebanyak 73,3% tergolong kurang. Siklus I pertemuan 2 menunjukkan hasil penelitian sebanyak 10% anak tergolong sangat tinggi, sebanyak 16,6% anak tergolong tinggi, sebanyak 40% anak tergolong cukup dan sebanyak 33,4% tergolong kurang. Hal ini menunjukkan kegiatan finger painting yang dilakukan pada siklus I dapat mengembangkan kreativitas anak, namun masih kurang optimal karena masih terdapat 40% yang tergolong cukup dan 33,4% yang tergolong kurang. Sehingga perlu dilakukan tindakan yang lebih baik pada siklus II. Dari hasil analisis siklus II pertemuan 1 diperoleh hasil bahwa adanya peningkatan perkembangan kreativitas anak dengan skor rata-rata umum 1,73 (tinggi) Hasil analisa pada siklus II dari 30 anak terdapat banyaknya anak yang tergolong sangat tinggi meningkat sebanyak 13,3%, banyak anak yang tergolong tinggi sebanyak 50%, sebanyak 36,7% yang tergolong cukup dan sudah tidak ditemukan lagi anak yang tergolong kurang. Siklus II pertemuan 2 diperoleh hasil bahwa semakin adanya peningkatan perkembangan kreativitas anak dengan skor rata-rata umum 2,27 (sangat tinggi) Hasil analisa pada siklus II dari 30 anak terdapat banyaknya anak yang tergolong sangat tinggi meningkat sebanyak 83,3%, banyak anak yang tergolong tinggi sebanyak 16,7%, dan sudah tidak ditemukan lagi anak yang tergolong cukup dan yang kurang.Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa kegiatan FINGER PAINTING dapat mengembangkan Kreativitas anak usia 5-6 tahun Di TK IMMANUEL KIDS 2 STM HILIR DELI SERDANG T.A 2013/2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.018 Bar u |
Keywords: | Kreativitas; Finger Painting; Bermain |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 02 Aug 2016 02:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7801 |