Silitonga, Rizki Leonora (2014) PENGARUH KEGIATAN MEWARNAI GAMBAR TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ETIS LANDIA MEDAN T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103113047 COVER.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
1103113047 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
1103113047 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
1103113047 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
1103113047 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
1103113047 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1103113047 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1103113047 BAB I.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
1103113047 BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
1103113047 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
1103113047 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang ditemukan dilapangan adalah kemampuan anak dalam memegang alat mewarnai yang masih belum benar, kurangnya keterampilan tangan anak dalam membuat gerakan manipulatif seperti gerakan horizontal, vertikal, miring kiri/kanan, lengkung dan lingkaran, anak belum mampu mewarnai dengan rapi dan cendrung keluar dari bidang gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari kegiatan mewarnai gambar terhadap perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Etis Landia Medan.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen, dengan desain Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak di TK Etis Landia Medan yang berjumlah 2 kelas yaitu kelas B1 dan B2 yang masing-masing kelas berjumlah 15 anak. Sampel pada penelitian yaitu kelas B1 sebagai kelas eksperimen dan B2 sebagai kelas kontrol dengan teknik random sampling unit (kelas). Teknik pengumpulan data yang digunakanadalah observasi terstruktur, dan analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif dengan uji t dengan taraf nyata α = 0,05.Berdasarkan analisis data,nilai rata-ratayang diperoleh dalam penelitianpada kelas eksperimen yaitu 13,13 dengan nilai tertinggi 15 dan nilai terendah 10, sehingga kemampuan motorik halus anak tergolong dalam kategori sangat baik, dimana sebanyak 93,33% anak di kelas eksperimen anak tergolong dalam kategori sangat baik dengan jumlah 14 anak sedangkan kategori cukup baik hanya 1 anak yaitu 6,66 %. Dan nilai rata-rata pada kelas kontrol 7,66 dengan nilai tertinggi 10 dan nilai terendah 6, sehingga kemampuan motorik halus anak tergolong dalam kategori cukup baik. Dimana sekitar 100 % anak dalam kategori cukup baik yang berjumlah 15 anak. Berdasarkan penelitian diatasdapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui kegiatan mewarnai gambar berpengaruh secara signifikan terhadap perkembangan kemampuan motorik halus anak yaitu dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 12,128>1,701 pada taraf α = 0,05. Dengan demikian kegiatan mewarnai gambar berpengaruh secara signifikan terhadap perkembangan kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Etis Landia Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.2 Sil p |
Keywords: | Motorik Halus; Mewarnai Gambar; Kemampuan Motorik; Perkembangan Anak |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 10 Aug 2016 02:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7799 |