PENGARUH MEDIA PLAYDOUGH TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MESJID AGUNG MEDAN T.A. 2013/2014

Siregar, Nurul Huda (2014) PENGARUH MEDIA PLAYDOUGH TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MESJID AGUNG MEDAN T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1103113039 COVER.pdf]
Preview
Text
1103113039 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 1103113039 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
1103113039 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of 1103113039 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
1103113039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 1103113039 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
1103113039 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 1103113039 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
1103113039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 1103113039 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
1103113039 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 1103113039 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
1103113039 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 1103113039 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
1103113039 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 1103113039 BAB I.pdf]
Preview
Text
1103113039 BAB I.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of 1103113039 BAB V.pdf]
Preview
Text
1103113039 BAB V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 1103113039 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
1103113039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 1103113039 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
1103113039 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahundi TK Mesjid Agung Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak di TK mesjid Agung Medan yang berjumlah 2 kelas yaitu kelas B1 dan B2 yang masing-masing kelas berjumlah 14 anak. Dan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas B2 sebagai kelas eksperimen dan Kelas B1 sebagai kelas kontrol dengan teknik random sampling. Sedangkan teknick pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi terstruktur dan analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptib dan dengan uji t dengan taraf nyata α = 0,05.Dalam penelitian ini variabel yang dikembangkan ialah variable terikat berupa perkembangan kognitif, Perkembangan kognitif anak ialah suatu proses berfikir, atau kemampuan individu untuk menghubungkan, menilai, dan mempertimbangkan suatu kejadian atau peristiwa.Proses kognitif berhubungan dengan tingkat kecerdasan yang menandai seseorang dengan berbagai minat terutama sekali ditujukan kepada ide-ide. Sedangkan variable bebas dalam penelitian ini berupa media playdough , media playdough ialah merupakan media yang dapat mengasah keterampilan dan perkembangan kognitif anak seperti pengenalan warna, bentuk, symbol, dan ukuran. Berdasarkan hasil analisis data diatas diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen 13,4 dengan nilai tertinggi 15 dan nilai terendah 11, sehingga perkembangan kognitif anak pada kelas eksperimen tergolong dalam kategori tinggi. Sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol 7,2 dengan nilai tertinggi 9 dan nilai terendah 6 sehingga kemampuan kognitif pada kelas kontrol tergolong dalam kategori cukup. Berdasarkan hasil hipotesis kegiatan melalui media playdough berpengaruh secara signifikan terhadap perkembangan kognitif anak yaitu dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung>ttabel yaitu 41,33 > 1,706 pada taraf α = 0.05. Dengan demikian melalui media playdough berpengaruh secara signifikan terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Mesjid Agung Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 374.019 Sir p
Keywords: Media Playdaigh; Perkembangan Kognitif; perkembangan Anak; Media Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 10 Aug 2016 02:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7797

Actions (login required)

View Item
View Item