Pulungan, Debie Riziah (2014) PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KEMAMPUAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MESJID AGUNG MEDAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103113009 COVER.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
1103113009 LEMBAR PENGESAHAN - PERSETUJUAN - PERBAIKAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (581kB) | Preview
1103113009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
1103113009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
1103113009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
1103113009DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1103113009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
1103113009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
1103113009 BAB I.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
1103113009 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
1103113009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah tentang rendahnya kemampuan sosial anak dan guru yang belum memegang pengaruh yang cukup besar dalam kemampuan sosial anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode bermain peran terhadap kemampuan sosial anak usia 5-6 tahun.Teori yang digunakan menurut Ibung (2009) bemain peran adalah suatu permainan yang mensyaratkan mereka menjadi peserta, permainan ini memainkan suatu peran atau tokoh dalam suatu cerita. Hurlock (2004) kemampuan sosial merupakan perolehan kemampuan berperilaku yang sesuai dengan tuntutan sosial Jenis penelitian ini eksperimen. Sampel dalam penelitian B1 15 orang sebagai kelas eksperimen dan B2 15 orang sebagai kelas kontrol. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Sebelum pengujian hipotesis (uji-t) terlebih dahulu diuji normalitas menggunakan Liliefors, dan homogenitas menggunakan uji F.Dari analisis data observasi akhir kemampuan sosial anak dengan menggunakan uji-t pada taraf nyata α = 0,05 berturut-turut diperoleh thitung ≥ ttabel 7,426 ≥ 1,701 dengan dk = (n1 + n2 – 2) dan ttabel diperoleh dari hasil interpolasi. Maka dapat dinyatakan HO di tolak dan Ha diterima. Berdasarkan hal tersebut maka dapat di simpulkan ada pengaruh yang signifikan antara metode bermain peran terhadap kemampuan sosial anak di TK Mesjid Agung Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.015 Pul p |
Keywords: | Kemampuan Sosial; Bermain Peran; Metode Pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 03:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7780 |