Hutagalung, Chairul Azmi (2014) HUBUNGAN BIMBINGAN BELAJAR DI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA SD NEGERI 101896 KIRI HULU I KEC. TG. MORAWA T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103111009 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
1103111009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
1103111009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
1103111009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
1103111009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
1103111009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
1103111009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
1103111009 BAB I.pdf - Published Version
Download (479kB) | Preview
1103111009 BAB V.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
1103111009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Adakah Hubungan Bimbingan Belajar dengan Hasil belajar siswa SD Negeri 101896 Kiri Hulu I Kec. Tg. Morawa T.A. 2013/2014?Penelitian ini bersifat penelitian empiris dan kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional. Melalui korelasional akan dicari hubungan antara dua variabel yaitu bimbingan belajar dengan hasil belajar, meskipun ada juga yang bersifat kualitatif sebagai data pendukungnya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I – VI SD Negeri 101896 Kiri Hulu I Tg. Morawa yang mengikuti Bimbingan Belajar yang berjumlah 110 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Simple Cluster Sampling (sampel gugus sederhana) dengan mengambil 50% dari jumlah populasi, maka didapat sampel berjumlah 55 orang siswa.Berdasarkan Hasil analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment menyimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara bimbingan belajar dengan hasil belajar siswa SD Negeri 101896 Kiri Hulu I Tg. Morawa Tahun Ajaran 2013/2014. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan korelasi yakni nilai rhitung > rtabel (0.461> 0.279). Hasil korelasi selanjutnya diuji dengan hipotesis menggunakan uji t. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa thitung = 4.270 sedangkan ttabel = 2.009 dengan dk = n – 2 pada taraf signifikan α = 0.05 (5%), Dengan demikian hipotesis yang menyatakan “terdapat hubungan antara bimbingan belajar dengan hasil belajar siswa SD Negeri 101896 Kiri Hulu I Tg. Morawa teruji kebenarannya dengan signifikan thitung > ttabel (4.270>2.006).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.72 Hut h |
Keywords: | Lembaga Bimbingan Belajar; Teknik Bimbingan Belajar; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 10 Aug 2016 06:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7777 |