Hapriani, Ulpah (2014) HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA SD NEGERI 258 AEK NANGALI KECAMATAN BATANG NATAL TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1101111024 COVER .pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
1101111024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (829kB) | Preview
1101111024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
1101111024 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
1101111024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
1101111024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
1101111024 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
1101111024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
1101111024 BAB I.pdf - Published Version
Download (482kB) | Preview
1101111024 BAB V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
1101111024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang utama dalam penelitian ini kurangnya semangat siswa dalam belajar dan keinginan siswa untuk memperoleh hasil belajar yang lebih bagus. Salah satu hal yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa adalah disiplin belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan disiplin belajar dengan hasil belajar siswa SD Negeri 258 Aek Nangali Kecamatan Batang Natal. Disiplin belajar adalah sikap anak didik yang terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, keteraturan berdasarkan acuan nilai moral individu untuk memperoleh perubahan tingkah laku yang mencakup perubahan berpikir, sikap dan tindakan secara optimal. Hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 258 Aek Nangali Kecamatan Batang Natal dengan populasi berjumlah 30 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang dengan menggunakan teknik simple total. Populasi diambil dari siswa kelas IV dan kelas V. Instrumen yang digunakan untuk variabel disiplin belajar (X) adalah angket tertutup dengan skala likert sedangkan instrumen untuk variabel hasil belajar (Y) adalah dengan metode dokumentasi dari nilai ujian tengah semester dan nilai ulangan harian. Pengujian analisis data yang digunakan adalah normalitas, homogenitas, linieritas, uji korelasi product moment dan uji keberartian hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh gambaran disiplin belajar pada kriteria sedang (mean = 54,66) dan hasil belajar siswa tergolong pada kategori sedang (mean = 65,8). Hasil analisis korelasi antara disiplin belajar dengan hasil belajar siswa diperoleh nilai korelasi 0,647. Dengan membandingkan nilai korelasi dengan nilai rtabel α = 0,05 (0,361) maka terdapat korelasi dengan arah yang positif. Uji hipotesis dengan uji t diperoleh nilai 5,89 dengan membandingkan kepada nilai ttabel α = 0,05 (1,87) sehingga hal ini membuktikan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan yang positif antara disiplin belajar dengan hasil belajar. Dengan adanya sikap disiplin maka akan memberikan dampak positif terhadap hasil belajar siswa. Semakin tinggi tingkat kedisiplinan siswa maka akan semakin baik hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.011 Hap h |
Keywords: | Hasil Belajar; Bentuk-bentuk Disiplin; Pelanggaran Disiplin; Indikator Disiplin belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 10 Aug 2016 06:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7776 |