Sulastiarani (2013) PERANAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA KELOMPOK BERMAIN DI PAUD SANGGAR KEGIATAN BELAJAR ASAHAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
108341028 COVER.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
108341028 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
108341028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
108341028 Abstrak.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
108341028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
108341028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
108341028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
108341028 BAB I.pdf - Published Version
Download (436kB) | Preview
108341028 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
108341028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
108341028 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih banyak orang tua yang memfokuskan kecerdasan pada kecerdasan intelegensi serta menyerahkan perkembangan pendidikan anak pada pihak sekolah tanpa didukung perhatian orang tua di rumah, serta anak yang menunjukan sikap anak yang pemalu, pendiam dan kasar kepada temannya seperti mendorong atau memukul. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peranan orang tua dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal anak usia kelompok bermain di PAUD Sanggar Kegiatan Bermain Asahan. Kerangka teoritis dalam penelitian ini menggunakan kajian teori dari ahli Safaria yang menuliskan kecerdasan interpersonal merupakan kemampuan dan keterampilan seseorang dalam menciptakan relasi sosialnya sehingga kedua belah pihak berada dalam situasi menang sama menang atau saling menguntungkan. Individu yang tinggi kecerdasan interpersonalnya akan mampu menjalin komunikasi yang efektif dengan orang lain, berempati secara baik, mengembangkan hubungan yang harmonis dengan orang lain, dapat dengan cepat memahami tempramen, sifat, suasana hati, motif orang lain. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 80 orang tua murid dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini seluruh orang tua siswa yang anaknya berusia 3-4 tahun di PAUD yang ada di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Asahan yang berjumlah 45 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan angket. Data yang berhasil dikumpulkan kemudian diolah dengan menggunakan teknik persentase.P=f/N x 100% Dari hasil penelitian sekaligus kesimpulan penelitian ini menunjukan peranan orang tua sebagai modelling dengan hasil persentase sebesar 60% termasuk ke dalam kategori berperan dengan rentang nilai kriteria antara 51%-75%, kemudian peranan orang tua sebagai teaching dan mentoring mendapatkan persentase sebesar 80% yang dikategorikan sangat berperan dengan rentang nilai kriteria antara 76%-100%, dilanjutkan dengan hasil persentase sebesar 40% peranan orang tua sebagai organizing dikategorikan kurang berperan dengan rentang nilai kriteria antara 26%-50%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.013 Sul p |
Keywords: | Kelompok Bermain; Kecerdasan Interpersonal; Orangtua; Keluarga; Perkembangan Anak |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 11 Aug 2016 06:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7759 |