Mesnawati (2014) UPAYA MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI KEGIATAN MERONCE DI PAUD AZHURA MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103313034 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
1103313034 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
1103313034 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
1103313034 ABSTRAKdoc.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
1103313034 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
1103313034 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
1103313034 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
1103313034 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
1103313034 BAB I doc.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
1103313034 BAB V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
1103313034 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah : (1) Anak masih mengalami kesulitan dalam melakukan gerak koordinasi antara mata dengan gerak motorik halus, dalam hal ini gerakan tangan. (2). Kemampuan motorik halus anak masih rendah. (3). Anak kurang mampu melakukan gerakan manipulatif untuk menghasilkan suatu bentuk dengan meronce. (4). Kegiatan meronce jarang dilakukan di PAUD Azhura. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kegiatan Meronce dapat mengembangkan motorik halus pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Azhura.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Objek penelitian ini adalah mengembangkan kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun di PAUD Azhura Medan TA 2013/2014. Subjek penelitian adalah anak kelas A yang berjumlah 19 orang. Sebelum melakukan tindakan terlebih dahulu meminta data awal pada guru kelas untuk mengetahui kemampuan motorik halus anak. Proses penelitian dilakukan melalui 2 siklus. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi.Hasil analisa setelah diberikan tindakan yaitu perkembangan motorik halus anak pada siklus I diperoleh kemampuan motorik halus anak masih rendah. Dari 19 anak, hanya 2 orang anak (10,53%)yang memiliki kemampuan motorik halus pada kriteria baik , sementara 2 orang anak (10,53 %) masih pada kriteria cukup, dan 15 orang anak (78,94 %) masih pada kriteria kurang. Pada siklus II terjadi perkembangan yang signifikan, anak yang memiliki kemampuan motorik halus pada kriteria baik sekali ada 13 orang anak (68,42%), dan sisanya4 orang anak (21,05 %) yang memiliki kemampuan motorik halus baik, serta 2 orang anak (10,53 %) pada kriteria cukup. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh bahwa kegiatan meronce dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun di PAUD Azhura Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.2 Mes u |
Keywords: | Motorik Halus; Kegiatan Meronce; Aspek Meronce; Tujuan dan Fungsi Meronce; Aspek Keindahan; Aspek Kerajinan dan Ketekunan; Motorik Anak |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 11 Aug 2016 06:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7734 |