Johnkas, Martua (2014) PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 101916 ARASKABU T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
11031311033 cover.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
11031311033 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
11031311033 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
11031311033 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
11031311033 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
11031311033 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
11031311033 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
11031311033 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
11031311033 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
11031311033 BAB I.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
11031311033 BAB V.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
11031311033 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPS siswa yang tergolong rendah. Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah dengan penerapan metode cooperative learning tipe snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPS dengan materi pokok persiapan kemerdekaan indonesia dan perumusan dasar negara pada siswa kelas V SD Negeri No. 101916 Araskabu T.A 2013/2014?Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri No.101916 Araskabu yang beralamat di Desa Serdang dusun IV. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri No. 101916 Araskabu T.A 2013/2014 dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang terdiri dari 22 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki.Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus, dalam setiap siklusnya dilaksanakan 2 kali pertemuan. Setiap pertemuan harus melakukan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dan data dianalisis dengan menggunakan persentase dan analisis kualitatif. Berdasarkan analisis data, pada pelaksanaan pre test diperoleh nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 48. Dengan persentase ketuntasan hasil belajar klasikan sebesar 10%. Setelah pelaksanaan siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa meningkat menjadi 61.75 dengan ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 45%. Selanjutya pada siklus II, nilai rata-rata yang diperoleh siswa meningkat menjadi 71 dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 87.5%. Kegiatan penelitian selama pertemuan pertama siklus I diperoleh persentase sebesar 53,1% atau tergolong kurang dan selama pertemuan kedua siklus I diperoleh persentase sebesar 57.8% atau tergolong kurang. Selanjutnya pada kegiatan penelitian selama pertemuan pertama siklus II mengalami peningkatan dengan persentase sebesar 79.6% atau tergolong baik dan selama pertemuan kedua pada siklus II diperoleh persentace sebesar 85.9% atau tergolong sangat baik.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode cooperative learning tipe snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri No. 101916 Araskabu. Saran dalam penelitian ini adalah guru hendaknya mampu memilih metode yang tepat pada pembelajaran salah satu alternatif yang bisa digunakan adalah metode cooperative learning tipe snowball throwing, agar hasil belajar siswa meningkat sehingga siswa mampu mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Mar p |
Keywords: | Metode; Cooperative Learning; Snowball Throwing; Hasil Belajar Siswa; Konsep IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 04:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7710 |