RAHMATIKA, RIZKY (2014) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE KELAS IV SD NEGERI 101868 DESA SENA BATANG KUIS T.A 2013 / 2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
109311092 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
109311092 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
109311092 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
109311092 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
109311092 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
109311092 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
109311092 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
109311092 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
109311092 BAB I.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
109311092 BAB V.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
109311092 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar IPS siswa pada mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Word Square pada mata pelajaran IPS materi pokok teknologi produksi, komunikasi dan transportasi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 101868 Desa Sena Batang Kuis tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 31 orang yang terdiri dari 16 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki. Penelitian dilakukan selama 2 siklus. Masing-masing siklus terdapat 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan data observasiyang memiliki 8 indikator dan setiap indikator memiliki 4 deskriptor. Tahap-tahap pada penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan analisis data hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil observasi pada siklus I terhadap 31 orang siswa sebanyak 7 orang siswa (22,58%) memiliki kategori termotivasi, 13 orang siswa (41.94%) kategori cukup termatovasi, dan 11 orang siswa (35.48%) kategori belum termotivasi, sehingga perlu dilakukan tindakan melalui siklus II. Hasil observasi motivasi siswa pada siklus II mengalami peningkatan yaitu sebanyak 24 orang siswa (77.42%) kategori sangat termotivasi, dan sebanyak 7 orang siswa (22.58%) kategori termotivasi. Berdasarkan temuan dalam penelitian ini dapat dikemukakan bahwa terjadi peningkatan terhadap motivasi belajar siswa. Pada siklus I pertemuan I, rata-rata siswa masih belum termotivasi dengan persentase 48,77%. Selanjutnya pada siklus I pertemuan II, rata-rata siswa sudah cukup termotivasi dengan persentase yaitu (58,87%). Selanjutnya pada siklus II pertemuan I sebagian siswa sudah termotivasi walaupun masih ada sebagian siswa yang tetap pada kriteria cukup termotivasi dengan persentase yaitu (70,61%). Namun pada siklus II pertemuan II siswa secara keseluruhan menunjukkan peningkatan pada motivasinya. Dalam hal ini siswa kelas IV sudah termotivasi pada mata pelajaran IPS materi pokok teknologi produksi, komunikasi dan transportasi dengan persentase (86,38%) dengan kriteria termotivasi dan sangat termotivasi. Peningkatan ini membuktikan bahwa tidak perlu dilakukan tindakan pada siklus selanjutnya.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Word Square dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok teknologi produksi, komunikasi dan transportasi di kelas IV SD Negeri 101868 Desa Sena Batang Kuis T.A 2013/2014. Sebagai tindak lanjut disarankan kepada guru untuk dapat merancang dan menggunakan model pembelajara Word Square dalam upaya meningkatkan motivasi belajar IPS siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Rah m |
Keywords: | Pengertian Belajar; Motivasi Belajar; Model Pembelajaran; Word Square; Teknologi Produksi; Komunikasi; Transportasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 03:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7708 |