Harahap, Nur Ilwana (2014) PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN DENGAN MENINGKATKAN BERPIKIR FORMAL SISWA PADA PELAJARAN SAINS KELAS V SD NEGERI 116886 T.A.2013-2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1101111016 COVER.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
1101111016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (788kB) | Preview
1101111016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
1101111016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
1101111016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
1101111016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
1101111016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
1101111016 BAB I.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
1101111016 BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
1101111016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
1101111016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah berpikir formal siswa dalam mata pelajaran sains khususnya pada materi gaya magnet masih rendah di bawah nilai KKM. Adapun tujuan penelitian ini adalah dengan melalui data dapat meningkatkan berpikir formal siswa menggunakan metode eksperimen dalam pembelajaran Sains pada materi gaya magnet. Lokasi penelitian ini adalah SD Negeri 116886 Nagodang Tahun Ajaran 2013/2014. pada siswa kelas V dengan jumlah siswa 28 orang, 14 siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan dua Siklus I dan Siklus II yang mencakup perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi. penilaian berpikir formal berdasarkan kriteria yaitu: 1. Abstrak, 2. Logis, 3. hipotesis deduktif, 4. Penalaran, 5. Idealis/diskusi. Sebagai tolak ukur keberhasilannya adalah apabila berpikir formal siswa meningkat, bila tingkat ketuntasanya Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I pertemuan 1 dan 2 bahwa berpikir formal siswa dengan nilai rata-rata 50,7 dan 57,67%. Dari 28 siswa terdapat 3 siswa yang dinyatakan Tinggi dengan persentase 11% ,sebanyak 25 siswa dengan persentase 89% rendah. Pada pertemuan ke 2 berjumlah 5 orang siswa (18%) tinggi, sedangkan rendah berjumlah 23 orang (82%). Selanjutnya terjadi peningkatan berpikir formal siswa pada siklus II pertemuan 3 dan 4 dengan nilai rata-rata siswa 67,32% dan 79,10%. Siklus II pertemuan 4 ini mengalami peningkatan berpikir formal siswa secara klasikal diperoleh data sebanyak 25 orang siswa berpikir formal (89%), dan siswa yang tidak berpikir formal 3 orang (11%). Untuk hasil observasi dalam proses pembelajaran, pada siklus I guru tergolong baik dalam menyampaikan materi yang diajarkan dengan perolehan nilai 82,5%. Sedangkan pada siklus II guru tergolong sangat baik dengan perolehan nilai 95%.Dengan demikian dapat diambil kesimpulkan dan saran bahwa penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan berpikir formal siswa pada materi gaya magnet di kelas V SD Negeri 116886 Nagodang Tahun Ajaran 2013-2014. Disarankan agar guru dapat menggunakan metode pembelajaran eksperimen pada pelajaran ilmu pengetahuan alam. Unsur-unsur yang berpengaruh terhadap proses pembelajaran dengan penggunaan metode eksperimen harus dilaksanakan sehingga memberikan dukungan yang kondusif, dan hendaknya memperhatikan pengetahuan awal yang dimiliki siswa sebelum pembelajaran diberikan, agar dapat dilakukan tindakan yang tepat bagi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.357 Har p |
Keywords: | Pengertian BErfikir; Implikasi Teori; Piaget; Metode Eskperimen; Pembelajaran Sains; SD; Kurikulum Sains |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 03:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7706 |