LISTIYANTI (2014) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOKTEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP KECERDASAN INTRAPERSONAL SISWA KELAS VIII SMP SWASTA KAVRI TALUN KENAS TAHUN AJARAN 2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1102151025.1.COVER.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
1102151025.2.LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (780kB) | Preview
1102151025.3.ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
1102151025.4.KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
1102151025.5.DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
1102151025.6.DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
1102151025.7.DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
1102151025.8.BAB I.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
1102151025.9.BAB V.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
1102151025.10.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok melalui tehnik role playing terhadap kecerdasan intrapersonal siswa kelas VIII SMP Swasta KAVRI Talun Kenas T.A 2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan pre-test post-test group. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII 1 SMP Swasta KAVRI Talun Kenas yang berjumlah 10 orang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk menjaring data tentang kecerdasan intrapersonal melalui kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji tanda wilcoxon.Hasil skor rata-rata kecerdasan intrapersonal siswa pada saat pre test= 71,8. Setelah dilakukan bimbingan kelompok teknik role playing maka hasil post test diperoleh skor rata-rata kecerdasan intrapersonal siswa= 85 sehingga, kenaikan skor rata-rata adalah 18,4 %. Dapat dilihat juga dari hasil uji tanda wilcoxon yang menunjukkan bahwa pada taraf signifikan 5%, hasil perhitungan pre test dan post test Thitung < Ttabel (0 < 8) serta Zhitung (-2,083) < Ztabel(-1,96). sehingga, kecerdasan intrapersonal siswa setelah mendapatkan perlakuan lebih tinggi dari pada sebelum mendapat perlakuan. Dengan demikian, dinyatakan layanan bimbingan kelompok teknik role playing mempunyai pengaruh terhadap kecerdasan inrapersonal siswa kelas VIII SMP Swasta KAVRI Talun Kenas kecamatan STM Hilir Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.46 Lis p |
Keywords: | Kecerdasan Intrapersonal; Bimbingan Kelompok; Teknik Role Playing; Prosedur Pelaksanaan; Keunggulan dan Kelemahan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 26 Jul 2016 04:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7701 |