Aritonang, Rafles Johannes (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 101917 ARASKABU T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103111049 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
1103111049 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
1103111049 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
1103111049 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
1103111049 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
1103111049 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
1103111049 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
1103111049 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
1103111049 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
1103111049 BAB I.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
1103111049 BAB V.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
1103111049 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
1103111049 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar Matematika siswa Kelas IV yang tergolong masih rendah dan belum mencapai KKM yang telah ditentukan, hal tersebut diakibatkan oleh banyak hal, termasuk penggunaan model pembelajaran yang belum tepat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :”Apakah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dengan materi pokok sifat-sifat operasi hitung di kelas IV SD Negeri 101917 Araskabu T.A 2014/2015.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together, pada mata pelajaran Matematika siswa kelas IV SD Negeri 101917 Araskabu Tahun Ajaran 2014/2015. Pengumpulan data dilakukan pemberian tes dan observasi. Data di analisis dengan menggunakan rumus persentase ketuntasan belajar siswa. Secara individu siswa dikatakan tuntas jika memenuhi KKM yang ditentukan oleh sekolah untuk mata pelajaran Matematika yaitu 65 dan secara klasikal dikatakan tuntas jika diperoleh ≥85% siswa yang tuntas belajar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yaitu suatu kegiatan penelitian yang dilakukan secara sistematis dari upaya melakukan tindakan-tindakan dalam pembelajaran, berdasarkan refleksi siswa mengenai tindakan tersebut. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 101917 Araskabu Tahun Ajaran 2014/2015 dengan jumlah 25 siswa yang terdiri dari 14 orang perempuan dan 11 orang laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus dilaksanakan dalam 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan memberikan test awal kepada siswa pada pre test, siklus I dan siklus II dan lembar observasi untuk menilai sikap siswa dan guru saat kegiatan belajar mengajar berlangsung.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pada siklus I dan siklus II nilai rata-rata kelas masing-masing 66,8 dan 80. Untuk persentase ketuntasan klasikal adalah 72% dan 92%. Sehingga dengan demikian penelitian dikatakan berhasil pada siklus II karena telah mencapai KKM dan persentase ketuntasan klasikal dengan kriteria sangat tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together pada kegiatan belajar mengajar dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa pada matei sifat-sifat operasi hitung kelas IV SD Negeri 101917 Araskabu. Oleh sebab itu disarankan kepada guru, untuk dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dalam pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar, terkhusus pada mata pelajaran Matematika agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.92 Ari u |
Keywords: | Hasil Belajar; Jenis-jenis Belajar; Model Pembelajaran; Pembelajaran Kooperatif; Numbered Head Together; Matematika SD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 08:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7672 |