Liza, Chairul (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BELAJAR AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH (ICM) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 020260 BINJAI UTARA TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103311008 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
1103311008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
1103311008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
1103311008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
1103311008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
1103311008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
1103311008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
1103311008 TABLES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
1103311008 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (505kB) | Preview
1103311008 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
1103311008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa bila metode belajar aktif tipe Index Card Match (ICM) diterapkan pada materi luas bangun datar di kelas V SD Negeri 020260 Binjai Utara Tahun Ajaran 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 020260 Binjai Utara yang berjumlah 25 orang. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar, dalam pembelajaran yang menggunakan metode belajar aktif tipe Index Card Match (ICM). Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa, observasi digunakan untuk melihat aktivitas siswa pada saat pembelajaran berlangsung yang menggunakan metode belajar aktif tipe Index Card Match (ICM). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, Siklus I dan Siklus II masing-masing memiliki dua pertemuan. Pada setiap pertemuan peneliti melakukan tes hasil belajar terhadap siswa untuk mengetahui tingkat ketuntasan belajar siswa. Dari hasil analisis data pada pre test diperoleh 6 siswa (24%) yang mencapai syarat ketuntasan belajar dan 19 siswa (76%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 42,4. Dari hasil analisis data pada Siklus I diperoleh 13 siswa (52%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, 12 siswa (48%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 61,02. Sedangkan hasil tes pada Siklus II diperoleh 22 siswa (88%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, 3 siswa (12%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 79,7. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, pada observasi kegiatan guru Siklus I nilai yang diperoleh 65 (Pertemuan I) dan 77,5 (Pertemuan II), sedangkan pada Siklus II nilai yang diperoleh 85 (Pertemuan I) dan 92,5 (Pertemuan II). Pada observasi kegiatan siswa Siklus I nilai yang diperoleh 55 (Pertemuan I) dan 65 (Pertemuan II), sedangkan pada Siklus II nilai yang diperoleh 72,5 (Pertemuan I) dan 90 (Pertemuan II). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan Metode Belajar Aktif Tipe Index Card Match (ICM) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 020260 Binjai Utara. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan Metode Belajar Aktif Tipe Index Card Match (ICM) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi luas bangun datar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.92 Liz m |
Keywords: | Hasil Belajar; Hakikat Matematika; Metode Belajar Aktif; Index Card Match |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 08:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7670 |