Saragih, Maria Magdalena (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELAS IV SD NEGERI 104313 SARANG PUAH KECAMATAN DOLOK MASIHUL KABUPATEN SERDANG BEDAGAI T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103311051 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
1103311051 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
1103311051 PREFACE.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
1103311051 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
1103311051 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
1103311051 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
1103311051 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
1103311051 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (389kB) | Preview
1103311051 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
1103311051 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode diskusidapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Mematika materi operasi hitung Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus, yang terdiri atas 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 20 siswa.Sedangkan objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi operasi hitung dengan menggunakan metode diskusi.Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 104313 Sarang Puah.Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi dan tes dan Kriteria ketuntasan hasilbelajar siswa didasarkan ketuntasan secara perorangan dengan nilai ≥ 65.Dan secara klasikal ketuntasan sluruh siswa dikatakan telah berhasil dalam belajar apabila mendapatkan nilai ≥ 65. Berdasarkan tes yang telah dilakukanmenunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa, Pre Tes siswa diperoleh data bahwa sekitar 17 orang siswa atau sekitar 85% yang hasil belajarnya tergolong belum tuntas, dan 3 orang atau berkisar 15% yang hasil belajarnya sudah tuntas dengan nilai rata-rata 39,3. pada setiap siklus Yaitu : Pada siklus I Pertemuan I diperoleh data bahwa sekitar16 orang atau sekitar 80% yang hasil belajarnya tergolong belum tuntas, dan 4 orang atau berkisar 20% yang hasil belajarnya sudah tuntas dengan nilai rata-rata 46,0. Pada siklus I pertemuan II diperoleh data bahwa sekitar 14 orang atau berkisar 70% yang hasil belajarnya belum tuntas, dan 6 orang siswa atau berkisar 30% yang hasil belajarnya sudah tuntas dengan nilai rata-rata 55,3. Pada siklus II pertemuan I diperoleh data bahwa 3 orang siswa atau berkisar 15% yang hasil belajarnya belum tuntas,dan 17 orang atau berkisar 85% yang hasil belajarnya sudah tuntas dengan nilai rata-rata 82,7, dan Pada siklus II pertemuan II diperoleh data bahwa 0 orang atau berkisar 0% yang hasil belajarnya belum tuntas, dan 20 orang siswa atau berkisar 100% yang hasil belajarnya tergolong tuntas dengan nilai rata-rata 92,0.Dari penelitian tindakan ini dapat disimpulkan bahwa metode diskusi pada mata pelajaran Matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, sebaiknya metode diskusi digunakan guru sebagai salah satu alternatif guru dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika, maupun pada mata pelajaran lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.92 Sar m |
Keywords: | Hasil Belajar; Metode Diskusi; Peran Guru; Operasi Hitung Perkalian |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 08 Aug 2016 02:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7668 |