UPAYA MENGEMBANGKAN ASPEK MOTORIK KASAR ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PERMAINAN ENGKLEK DI TK SANDHY PUTRA MEDAN JALAN BERSAMA TAHUN AJARAN 2013/2014

Rabitah (2014) UPAYA MENGEMBANGKAN ASPEK MOTORIK KASAR ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PERMAINAN ENGKLEK DI TK SANDHY PUTRA MEDAN JALAN BERSAMA TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 109098027 COVER.pdf]
Preview
Text
109098027 COVER.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 109098027 LEMBAR PERSETUJUAN - LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
109098027 LEMBAR PERSETUJUAN - LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (669kB) | Preview
[thumbnail of 109098027 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
109098027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of 109098027 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
109098027 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 109098027 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
109098027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 109098027 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
109098027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 109098027 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
109098027 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 109098027 BAB I.pdf]
Preview
Text
109098027 BAB I.pdf - Published Version

Download (504kB) | Preview
[thumbnail of 109098027 BAB V.pdf]
Preview
Text
109098027 BAB V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 109098027 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
109098027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitia ini adalah rendahnya kemampuan anak pada anak saat bermain engklek di Tk Sandhy Putra untuk menggunakan yang dapat merangsang dan meningkatkan perkembangan motorik kasar anak usia dini kelompok B1 melalui permainan engklek di TK SANDHY PUTRA, Jln. Bersama Medan. Semester genap tahun ajaran 2013/2014.Penelitian ini dilakukan di TK SANDHY PUTRA, Jln Bersama Medan, penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak Kelompok B1 TK SANDHY PUTRA, Jln Bersam Medan.Yang berjumlah 16 orang anak . alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi , tehnik analisis data menggunakan rumus P= f/N x 100%Hasil observasi dan refleksi pada siklus I setelah pertemuan 2 dilakukan tindakan dengan memberikan kegiatan permainan engklek terdapat sebanyak 2 orang anak ( 12,5% ) tergolong sangat tinggi, 5 orang anak ( 31,2% ) tergolong tinggi, 7 orang anak ( 43,7% ) tergolong rendah, dan 2 orang anak(12,5% ) tergolong sangat rendah. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan permainan engklek yang dilakukan pada siklus I untuk meningkatkan motorik kasar anak belum optimal karena masih terdapat 7 (43,7% ) anak yang tergolong rendah,sehingga perlu dilakukan permainan engklek pada siklus II. Pada siklus II dilakukan perbaikan tentang motorik kasar dengan tetap melalui kegiatan permainan engklek, setelah tindakan siklus II dilakukan, terdapat sebanyak 4 orang anak ( 25% ) tergolong sangat tinggi, 9 orang anak ( 56,2% ) tergolong tinggi, 2 orang anak ( 12,5% ) tergolong rendah, dan 1 orang anak ( 6,5% ) tergolong sangat rendah. Selanjutnya dari hasil observasi pada siklus II sebagai bentuk perbaikan dari hasil siklus I diperoleh tingkat motorik kasar anak yang tinggi.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan permainan engklek dapat meningkatkan aspek motorik kasar anak usia dini kelompok B1 pada tema alam semesta di TK SANDHY PUTRA, Jln Bersama Medan. Semester genap tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 374.019 Rab u
Keywords: Motorik Kasar Anak; Bermain; Jenis-jenis Permainan; Permainan Engklek
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 04 Aug 2016 06:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7660

Actions (login required)

View Item
View Item