Nasution, Nita Rakhma (2014) MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DEBATE PADA PELAJARAN PKN DI KELAS V SD NEGERI 086 DALAN LIDANG T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1101111015 COVER.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
1101111015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (531kB) | Preview
1101111015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
1101111015 ABSTRAC.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
1101111015 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
1101111015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
1101111015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
1101111015 TABLES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
1101111015 GRAFIC.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
1101111015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (422kB) | Preview
1101111015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
1101111015 BIBLIOGRAHY.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kecerdasan emosional siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model pembelajaran Debate dapat meningkatkan kecerdasan emosional siswa pada mata pelajaran PKn materi pokok Berorganisasi di Lingkungan Sekolah dan di Masyarakat? Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 086 Dalan Lidang yang berlokasi di Jln. Dalan Lidang, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan dua siklus, yang terdiri atas 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 36 orang siswa yang terdiri dari 26 siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Sedangkan objek penelitian ini adalah kecerdasan emosional siswa pada mata pelajaran PKn materi pokok Berorganisasi di Lingkungan Sekolah dan di Masyarakat dengan penerapan model pembelajaran Debate. Alat pengumpulan data menggunakan observasi dan angket.Hasil penelitian yang diperoleh selama penelitian menunjukkan adanya peningkatan kecerdasan emosional, hal ini dapat dilihat pada persentase data tingkat emosi siswa pada siklus I sebesar 30,56% yang tergolong kurang cerdas emosi dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 88,96% yang tergolong cerdas. Sedangkan hasil angket pada kondisi awal mulanya hanya 30,56% yang tergolong sangat kurang cerdas emosi dan pada kondisi akhir mengalami peningkatan sebesar 83,33% yang tergolong cerdas.Dengan demikian, maka dapat disimpulkan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Debate dapat meningkatkan kecerdasan emosional siswa kelas V SD Negeri 086 Dalan Lidang pada pelajaran PKn materi Berorganisasi di Lingkungan Sekolah dan di Masyarakat. Dan disarankan kepada guru untuk menerapkan model pembelajaran Debate dalam menyampaikan materi pada pelajaran PKn.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.832 Nas m |
Keywords: | Kecerdasan Emosional; Hakikat Pembelajaran; Model Pembelajaran; Pembelajaran Debate; PKN; Kuirkulum PKN |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 05:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7653 |