Simorangkir, Sonti Esra Octavia (2014) MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SOMATIS, AUDITORII, VISUAL, INTELEKTUAL (SAVI) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 104206 SEI ROTAN TA.2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103111061 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
1103111061 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
1103111061 PREFACE.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
1103111061 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
1103111061 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
1103111061 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
1103111061 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1103111061 DIAGRAM LIST.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
1103111061 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1103111061 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (545kB) | Preview
1103111061 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
1103111061 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika. Selanjutnya yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Somatis, Auditorii, Visual, Intelektual (SAVI) pada mata pelajaran matematika kelas IV SD pada materi bangun ruang sederhana.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IV B SD dengan jumlah sampel 36 orang siswa (22 orang laki-laki dan 14 orang perempuan) SD Negeri 104206 Sei Rotan Tahun Ajaran 2013/2014. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Alat pengumpul data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa adalah observasi.Hasil observasi pada siklus I pertemuan I menunjukkan bahwa nilai keberhasilan guru dalam pembelajaran hanya mencapai nilai 49 dan dikategorikan tidak berhasil dalam pembelajaran. Hasil observasi siswa pada siklus I pertemuan I menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa hanya mencapai 8,34% (3 orang) sedangkan yang tidak aktif 91,66% (33 orang). Pada siklus I pertemuan II nilai keberhasilan guru mencapai 59, dalam hal ini guru masih tetap belum berhasil dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi pada siklus II pertemuan I dapat diketahui persentase siswa yang aktif yaitu 11,11% (4 orang) sedangkan siswa yang tidak aktif 88,89% (32 0rang). Hasil observasi pada siklus II pertemuan I menunjukkan bahwa keberhasilan guru mencapai nilai 85 dalam hal ini guru dikategorikan berhasil dalam pembelajaran. Keaktifan belajar siswa pada siklus II pertemuan I juga telah mencapai kriteria siswa aktif dan mengalami peningkatan dari siklus sebelumnya dengan persentase siswa yang aktif 88,89% (32 orang) sedangkan siswa yang tidak aktif hanya 11,11% (4 orang). Pada siklus II pertemuan II guru juga berhasil dalam pembelajaran dengan pencapaian nilai berdasarkan hasil observasi mencapai nilai 91. Keaktifan siswa juga semakin meningkat dan semua siswa sudah aktif yaitu terdapat 36 orang dari 36 orang siswa yang aktif dengan persentase keaktifan belajar siswa 100% sedangkan siswa yang tidak aktif 0%.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di kelas IV di SD 104206 Sei Rotan Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual (SAVI) dapat meningkatkan keaktifan belajar anak pada mata pelajaran matematika khususnya pada materi bangun ruang sederhana.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.92 Sim m |
Keywords: | Hakikat Belajar; Keefektifan Belajar Siswa; Hakikat Matematika; Model Pembelajaran; Somatis; Auditor; Visual; Intelektual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 05:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7652 |