SILABAN, KARTATY MARINA ROMAULI (2014) PENERAPAN METODE LATIHAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SEMESTER I SDN 030428 TINADA KEC. TINADA KAB. PAKPAK BHARAT T.P 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109023245 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
109023245 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (990kB) | Preview
109023245 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
109023245 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
109023245 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
109023245 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
109023245 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
109023245 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
109023245 BAB I.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
109023245 BAB V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
109023245 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan metode latihan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan, pengurangan, dan perkalian bilangan bulat di kelas empat SD Negeri 030428 Tinada.Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri No. 030428 Tinada, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode latihan dalam pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan metode latihan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan, pengurangan, dan perkalian bilangan bulat di kelas IV SD Negeri No. 030428 Tinada.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri No. 030428 Tinada dengan jumlah siswa 21, terdiri dari 11 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh peningkatan hasil belajar setelah dilaksanakan tindakan. Hasil penelitian pada saat pre tes, rata-rata kelas yang diperoleh siswa sebesar 52,61 dari 21 orang siswa, dimana 4 siswa (19,05%) memperoleh ketuntasan dan 17 orang siswa (80,95%) yang belum tuntas. Pada siklus I rata-rata kelas siswa meningkat menjadi 57,85 dimana 11 siswa (52,39%) sudah memperoleh ketuntasan, 10 siswa (47,61%) yang belum tuntas, penilaian secara klasikal sudah masuk kategori baik. Pada siklus II rata-rata kelas siswa meningkat 75,95 dimana 17 siswa (80,95%) memperoleh ketuntasan, 4 siswa (19,05%) yang belum tuntas kategori peningkatan baik sekali secara klasikal. Dari peningkatan ketuntasan secara klasikal yang diperoleh siswa dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode latihan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini berarti bahwa metode latihan dapat digunakan sebagai alternative dalam pembelajaran Matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.92 Sil p |
Keywords: | Metode Latihan; Hakikat Hasil Belajar; Materi Pelajaran; Penjumlahan Bilangan Bulat; Pengurangan Bilangan Bulat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 02:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7648 |