Sari, Junita (2015) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS IV PADA TEMA PAHLAWANKU DI SDN 050664 LUBUK DALAM T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1112111005 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
1112111005 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
1112111005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
1112111005 Abstrak.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
1112111005DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
1112111005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
1112111005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
1112111005 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
1112111005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
1112111005 BAB I.pdf - Published Version
Download (529kB) | Preview
1112111005 BAB V.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
1112111005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya keterampilan sosial siswa dikelas IV. Dari hasil observasi ditemukan bahwa masih banyak siswa yang kurang mampu melakukan kegiatan komunikasi, bekerjasama dengan teman sebaya, kurang memberikan umpan balik baik dalam kritik, jawaban ataupun saran dalam menyelesaikan tugas ataupun masalah yang terdapat didalam kelas dan dalam pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menngkatkan keterampilan sosial siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning dan mengetahui keterlibatan siswa dalam belajar secara berkelompok atau berdiskusi dengan menggunakan model Problem Based Learning yang diterapkan.Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 050664 Lubuk Dalam Kecamatan Stabat. Jenis penelitian yang dilakukan yaitiu Penelitian Tindakan Kelas (Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 29 siswa pada semester II yang terdiri dari 17 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus,dimana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Tehnik pengumpuilan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar obsevasi. Penelitian Tindakan Kelas ini menerapkan model Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas IV SD Negeri No. 050664 Lubuk Dalam Kecamatan Stabat, Kabupaten langkat.Hasil penelitian diperoleh bahwa : (1) Pada lembar observasi tahap awal diperoleh presentase rata-rata sebesar 59,84 % dimana secara klasikal dari 29 orang siswa hanya 3 orang siswa dengan kriteria terampil (10,34 %) dan 26 orang siswa kurang terampil (89,66 %). Pada siklus I terjadi peningkatan dimana presentase rata-rata sebesar 73,71 % dan secara klasikal terdapat 13 orang siswa (55,17 %) dengan kriteria terampil dan 16 orang siswa (44,83 %) kurang terampil. Sedangkan pada siklus II, presentase rata-rata sebesar 80,10 % dimana terdapat 24 orang siswa (82,75 %) dengan kriteria terampil dan 5 orang siswa (17,25 %) pada kriteria kurang terampil. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan dapat diterima yaitu dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas IV pada Tema Pahlawanku, Subtema Perjuangan Para Pahlawan dengan Kompetensi Dasar yaitu memahami arti bersatu dalam keberagaman dirumah, sekolah dan masyarakat di SD Negeri No.050664 Lubuk Dalam dapat meningkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.832 Sar p |
Keywords: | Keterampilan; Aspek; Model Pembelajaran; PPKn |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 02:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7641 |