Iqbal, Muhammad (2014) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRILL DI KELAS IV SD NEGERI 050724 TANJUNG PURA TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313212 COVER.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
108313212 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (877kB) | Preview
108313212 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
108313212 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
108313212 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
108313212 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
108313212 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
108313212 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
108313212 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
108313212 BAB I.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
108313212 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
108313212 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Masalah yang ditemukan dalam penelitian ini adalah siswa terlihat malas belajar, masih rendahnya motivasi belajar siswa, kurangnya perhatian siswa terhadap pembelajaran, metode yang digunakan guru selalu monoton, guru belum memanfaatkan secara maksimal penggunaan alat peraga, kurangnya sarana prasarana yang digunakan ketika belajar matematikaTujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode drill efektif digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran Matematika materi Menyelesaikan Soal Cerita Tentang FPB dan KPK di kelas IV SD Negeri 050724 Tanjung Pura tahun ajaran 2013/2014Metode drill suatu cara mengajar siswa melaksanakan kegiatan-kegiatan latihanm agar siswa memiliki ketangkasan atau keterampilan yang lebih tinggi dari apa yang telah dipelajarinya. Motivasi adalah dorongan atau daya penggerak yang ada dalam diri seseorang untuk melakukan suatu tindakan untuk mencapai suatu tujuan. Motivasi belajar adalah pendorong seseorang untuk melakukan kegiatan proses belajarJenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 050724 Tanjung Pura tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 24. Objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan metode drill. Temuan hasil penelitian kenunjukkan bahwa motivasi belajar siswa pada siklus II sudah menggembirakan dimana seluruh indikator sudah mengalami peningkatan yang baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa SD Negeri 050724 Tanjung Pura pada mata pelajaran Matematika materi menyelesaikan soal cerita tentang FPB dan KPK dapat meningkat dengan menggunakan metode drill.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.92 Iqb m |
Keywords: | Motivasi Belajar; Belajar; Hakikat Metode Drill; Pembelajaran Matematika; Materi FPB dan KPK |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 08:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7640 |