Pratama, Anggili (2014) PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 118179 WONOSARI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103311004 COVER.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
1103311004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (800kB) | Preview
1103311004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
1103311004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
1103311004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
1103311004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
1103311004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1103311004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1103311004 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1103311004 BAB I.pdf - Published Version
Download (469kB) | Preview
1103311004 BAB V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
1103311004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada materi pokok gaya gesek di kelas V SD Negeri 118179 Wonosari. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan model pembelajaran Quantum Learning pada materi pokok gaya gesek dan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Quantum Learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 118179 Wonosari Tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah 30 orang siswa yang terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 19 orang siswa perempuan. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan lembar observasi dan angket. Dan hasil penelitian yang diperoleh bahwa motivasi belajar siswa menglami peningkatan yang signifikan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata motivasi belajar siswa untuk tiap siklus, pada kondisi awal skor motivasi belajar siswa dari 30 orang siswa, yang termotivasi adalah 3 orang dengan persentase (10%), dan skor motivasi belajar siswa pada siklus I pertemuan I meningkat menjadi 10 orang siswa termotivasi dengan persentase (33,3%), dan terjadi peningkatan pada siklus I pertemuan II yaitu 18 orang siswa termotivasi dengan persentas (60%), dan juga terjadi peningkatan pada siklus II pertemuan I yaitu 23 orang siswa termotivasi dengan persentase (76,6%), dan terjadi yang signifikan pada siklus II pertemuan yaitu 29 orang siswa termotivasi dengan persentase (96,6%).Dan dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Quantum Learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi gaya gesek di kelas V SD Negeri 118179 Wonosari tahun ajaran 2013/2014. Sehingga pembelajaran Quantum Learning dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Pra p |
Keywords: | Motivasi Belajar; Pembelajaran IPA; Diskusi; Model Quantum Learning; Pembelajaran Gaya Gesek |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 08:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7633 |