Simatupang, Charli Duputra (2014) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPA MELALUI MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 101766 BANDAR SETIA TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1101111009 COVER.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
1101111009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (729kB) | Preview
1101111009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
1101111009 ABSTRAC.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
1101111009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
1101111009 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
1101111009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1101111009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1101111009 BAB I.pdf - Published Version
Download (416kB) | Preview
1101111009 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
1101111009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini tentang Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Media Visual Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SD Negeri 101766 Bandar Setia T.A 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar melalui media visual pada mata pelajaran IPA materi pokok proses pencernaan siswa kelas V SD Negeri 101766 Bandar Setia Tahun Ajaran 2014/2015. Motivasi belajar adalah perasaan yang didalamnya terdapat dorongan dari dalam diri (instrinsik) yang biasanya disebabkan kebutuhan belajar dan cita-cita maupun dari luar diri (ekstrinsik) yang biasanya berupa penghargaan, pujian, dan kegiatan pembelajaran yang menarik untuk mengadakan perubahan tingkah laku. Media visual adalah perantara penyampai informasi yang dapat dilihat dalam pembelajaran untuk membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar agar lebih menarik dan menyenangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V SD Negeri 101766 Bandar Setia yang berjumlah 40 orang. Untuk memperoleh data yang diperlukan digunakan alat pengumpulan data berupa angket dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan dalam pertemuan pertama pada siklus I terdapat 14 orang (35%) yang memiliki motivasi belajar kurang, 23 orang (57,5%) yang memiliki motivasi belajar cukup, dan hanya 3 orang (7,5%) yang memiliki motivasi belajar baik. Pada pertemuan kedua siklus I terdapat 15 orang (37,5%) siswa yang memiliki motivasi belajar cukup dan 25 orang (62,5%) siswa memiliki motivasi belajar baik. Pada siklus II pertemuan 3 terdapat 12 orang (30%) siswa memiliki motivasi belajar cukup, 22 orang (55%) siswa memiliki motivasi belajar baik, dan 6 orang (15%) siswa memliki motivasi belajar sangat baik. Pada siklus II pertemuan 4 motivasi belajar siswa menunjukkan hasil yang sangat memuaskan dimana terdapat 2 orang (5%) siswa memiliki motivasi belajar baik sementara 38 orang (95%) siswa memiliki motivasi belajar sangat baik. Hal tersebut juga diperkuat dengan pemberian angket awal siswa yang awalnya hanya memiliki jumlah nilai 2518 dengan rata-rata skor 63 mengalami peningkatan pada pemberian angket akhir setelah menggunakan media visual menjadi 3805 dengan rata-rata skor 95. Berdasarkan pembahasan dan analisis data dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan dengan menggunakan media visual dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok proses pencernaan di kelas V SD Negeri 101766 Bandar Setia Tahun Ajaran 2014/2015. Dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Sim g |
Keywords: | Motivasi Belajar; Gambar; IPA; Media Visual; Media Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 07:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7632 |