Tarigan, Restar (2014) PERBEDAAN ANTARA METODE PQ4R DENGAN METODE CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA K=KELAS V SDN 104607 DI SEI ROTAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103111052 COVER.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
1103111052 BAB I.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
1103111052 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
1103111052 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
1103111052 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
1103111052 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
1103111052 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (510kB) | Preview
1103111052 BAB V.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
1103111052 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
1103111052 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
1103111052 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode PQ4R dengan metode ceramah pada materi pokok bumi dan alam semesta di kelas V SDN 104607 di Sei Rotan Tahun Ajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 104607 di Sei Rotan Tahun Ajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa sebanyak 64 orang yang terdiri dari 2 kelas yakni VA dan VB. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampel, dengan perincian 32 siswa kelas VA (kelas eksperimen) terdiri dari 12 orang laki-laki dan 20 orang perempuan yang diajar dengan menggunakan metode PQ4R sementara 32 siswa kelas VB (kelas kontrol) terdiri dari 15 orang laki-laki dan 17 orang perempuan diajar dengan menggunakan metode ceramah. Berdasarkan perolehan hasil belajar siswa terlihat adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode PQ4R dengan metode ceramah, dimana rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode PQ4R sebesar 73,06 dengan simpangan baku (SD) sebesar 9,33 sedangkan dengan menggunakan metode ceramah hanya sebesar 60 dengan simpangan baku (SD) sebesar 7,32. Adanya perbedaan hasil belajar tersebut dibuktikan melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan α = 0,05, dimana t_hitung> 〖t 〗_tabel (6,22>2,00), yang berarti dalam penelitian ini H_o ditolak sekaligus menerima H_a. Sehingga dapat dinyatakan bahwa ada Perbedaan Antara Metode PQ4R Dengan Metode Ceramah Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 104607 Di Sei Rotan Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Tar p |
Keywords: | Hasil Belajar; PQ4R; Metode Ceramaha; Metode Pembelajaran; Metode Ceramah; Pokok Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 07:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7629 |