Siahaan, Damay Renti (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IVA SDN 106164 SAMBIREJO TIMUR T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103311010 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
1103311010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (593kB) | Preview
1103311010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
1103311010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
1103311010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
1103311010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
1103311010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
1103311010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
1103311010 BAB I.pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
1103311010 BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
1103311010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA karena guru kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pelajaran IPA di kelas IVa SD Negeri 106164 Sambirejo Timur materi pokok Energi dan Perubahannya melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share.Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu suklus I dan siklus II, masing-masing terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 31 orang siswa terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan yang berasal dari siswa kelas IVa pada tahun ajaran 2013/2014. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui lembar observasi aktivitas belajar siswa, lembar observasi guru dan angket aktivitas belajar siswa.Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa dari 31 orang siswa nilai persentase aktivitas belajar siswa pra siklus 0%, pada siklus I pertemuan 1 masih 0% dan pertemuan 2 menjadi 9,67%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II pertemuan 1 menjadi 45,16% dan pertemuan 2 meningkat sampai 74,20%. Kemudian hasil observasi guru juga mengalami peningkatan di mana nilai rata-rata pada kondisi awal adalah 53,57, pada siklus I pertemuan 1 menjadi 83,92 dan pertemuan 2 menjadi 91,07. Pada siklus 2 nilai rata-ratanya tetap yaitu 91,07 kemudian pada pertemuan 2 meningkat menjadi 92,85.Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IVa SDN 106164 Sambirejo Timur T.A 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Sia p |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Sekolah Dasar; Materi Energi; Model Pembelajaran; Think Pair Share |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 02:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7626 |