Sari, Kartika (2014) PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DALAM MATERI CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA DI KELAS V SDN 108076 TANJUNG SELAMAT T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103311041 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
1103311041 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (779kB) | Preview
1103311041 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
1103311041 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
1103311041 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
1103311041 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
1103311041 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
1103311041 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
1103311041 BAB I.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
1103311041 BAB V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
1103311041 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA dalam materi cahaya dan sifat-sifatnya di kelas V SDN 108076 Tanjung Selamat T. A. 2013/2014. Penelitian ini dilakukan terhadap 25 siswa kelas V SDN 108076 Tanjung Selamat T. A. 2013/2014, dengan jumlah siswa laki-laki 12 orang dan perempuan 13 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, yaitu cara (teknik) yang mengungkapkan fakta yang jelas tentang gejala-gejala yang ada pada suatu objek penelitian. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes essay. Observasi digunakan untuk memeroleh data aktivitas belajar siswa, sedangkan tes essay digunakan untuk memperoleh data hasil belajar siswa. Sebelum melakukan kegiatan pembelajaran, siswa di uji terlebih dahulu dengan essay test (pre test), ternyata hanya 2 siswa yang menguasai materi tersebut. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran mata pelajaran IPA pokok bahasan Cahaya dan sifat-sifatnya dapat meningkatkan aktivitas hasil belajar siswa di kelas V SDN 108076 Tanjung Selamat T.A 2013/2014 pada mata pelajaran tersebut. Sebelum diterapkan pembelajaran dengan menggunakan metode eksperiman, aktivitas belajar siswa sangat kurang namun setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen aktivitas belajar siswa menjadi tinggi. Demikian halnya pada hasil belajar siswa. Jika sebelum dilakukan pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah hanya 2 siswa yang tuntas belajar, sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 23 siswa. Namun setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen hasil belajar mengalami peningkatan, 23 siswa tuntas belajar dan hanya 2 siswa yang belum tuntas. Berdasarkan pernyataan di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode eksperimen dalam pembelajaran materi cahaya dan sifat-sifatnya siswa dapat menguasai materi pelajaran dengan baik dengan hasil belajar yang sangat memuaskan. Hal itu terbukti dengan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Sar p |
Keywords: | Hasil Belajar; Metode Eksperimen; Plolikromatis; Cahaya; Materi Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 03:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7616 |