Masni, Febra (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 101765 BANDAR SETIA T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103311029 COVER.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
1103311029 LEMBAR PENGESAHAAN.pdf - Published Version
Download (633kB) | Preview
1103311029 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
1103311029 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
1103311029 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
1103311029 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
1103311029 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
1103311029 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
1103311029 BAB I.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
1103311029 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
1103311029 KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan kurang tepatnya metode atau model pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajar, pada pembelajaran IPA guru hanya mengunakan metode ceramah. Untuk mengatasi masalah ini maka peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siwa dan membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Maka masalah pada penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN 101765 Bandar Setia?Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk mengetahui apakah dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 101765 Bandar Setia T.A 2013/2014.Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 101765 Bandar Setia T.A 2013/2014. Dari 25 orang siswa yang terdiri atas 14 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan diperoleh hasil penelitian dengan rata-rata nilai pada saat pretes sebesar 41,2 dan meningkat menjadi 62,5 pada siklus I kemudian pada hasil tes siklus II meningkat menjadi 85,6. Pada saat pretes tingkat ketuntasan belajar 12,00% yang terdiri atas 3 orang siswa dengan ketercapaian tes kemampuan siswa 0, setelah dilakukan tindakan pada siklus I, tingkat ketuntasan belajar siswa sebesar 64,00% yang terdiri atas 16 orang siswa dengan tingkat ketercapaian tes kemampuan siswa sebesar 50% yang berarti secara keseluruhan siswa belum mencapai standar ketuntasan belajar. Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan belajar siswa sebesar 92,00% yang terdiri dari 23 orang siswa dengan tingkat ketercapaian tes kemampuan siswa mencapai 100% atau dengan kata lain setelah dilakukan siklus II siswa secara keseluruhan telah mencapai ketuntasan belajar di atas 75%.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok cahaya dan sifat-sifatnya di kelas V SDN 101765 Bandar Setia T.A 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Mas m |
Keywords: | Hasil Belajar; Mata Pelajaran; Pembelajaran Kooperatif; IPA; Kooperatif Tipe Jigsaw |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 03:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7613 |