Azzuhri, Muhammad Hasbi (2014) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DI KELAS V SD NEGERI 050621 NAMU TERASI TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103111041 COVER.pdf - Published Version
Download (0B)
1103111041 Lembar Pengesahan Skripsi.pdf - Published Version
Download (878kB) | Preview
1103111041 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
1103111041 Abstrak.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
1103111041 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
1103111041 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
1103111041 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
1103111041 Daftar Grafik.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
1103111041 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
1103111041 BAB I.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
1103111041 BAB V.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
1103111041 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena rendahnya motivasi belajar siswa di kelas V SD Negeri 050621 Namu Terasi berdasarkan observasi yang dilakukan. Peneliti mengunakan model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pembentukan tanah di kelas V SD Negeri 050621 Namu Terasi pada tahun ajaran 2013/2014.Adapun tujuan dilakukannya penelitian adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi pembentukan tanah di kelas V SD Negeri 050621 Namu Terasi tahun ajaran 2013/2014.Model pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran snowball throwing, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 050621 Namu Terasi Semester II yang terdiri dari 35 orang siswa, yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 19 siswi perempuan. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus dilakukan dengan dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan angket dan observasi.Hasil penelitian ini menunjukkan : Pada tes angket awal diperoleh rata-rata angket motivasi siswa 65,08 dengan persentase rata-rata siswa secara klasikal sebesar 70,74%, dengan rincian 13 siswa (37,14%) memiliki motivasi rendah, 5 siswa (14,28%) memiliki motivasi cukup, 10 siswa (28,57%) memiliki motivasi tinggi dan 7 siswa (20,00%) memiliki motivasi sangat tinggi. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yakni perolehan rata-rata siswa 79,54 dengan persentase rata-rata siswa secara klasikal 86,45%, dengan rincian 26 siswa (74,28%) memiliki motivasi sangat tinggi, 7 siswa (20,00%) memiliki motivasi tinggi dan 2 siswa (5,71%) memiliki motivasi cukup.Hasil observasi terhadap peneliti yang dilakukan oleh observer menunjukkan : Pada proses pembelajaran siklus I pertemuan pertama diperoleh nilai sebesar (73,52 %), pada siklus I pertemuan kedua diperoleh nilai sebesar (80,88 %), sedangkan pada siklus II pertemuan I diperoleh nilai sebesar (85,29 %), dan pada siklus II pertemuan kedua diperoleh nilai sebesar (91,17 %).Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan dapat diterima yaitu dengan menerapkan model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pembentukan tanah di kelas V SD Negeri 050621 Namu Terasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Azz m |
Keywords: | Motivasi Belajar; Cooperative Tipe Snowball Throwing; Hakikat Pembelajaran; IPA; Materi Pembentukan Tanah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 02:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7610 |