Zuraidah (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI NO.106224 KERAPUH KEC. DOLOK MASIHUL KAB. SERDANG BEDAGAI T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103311098 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
1103311098 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
1103311098 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
1103311098 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
1103311098 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
1103311098 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1103311098 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1103311098 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
1103311098 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1103311098 BAB I.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
1103311098 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
1103311098 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
Abstract
Masalah yang dihadapi dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada materi gaya magnet di kelas V SD Negeri N0.106224 Kerapuh T.A 2013/2014.Penelitian ini dilakukan di SD Negeri N0.106224 Kerapuh, dengan jenis penelitian yaitu “Penelitian Tindakan Kelas”. subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 31 orang, upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan metode eksperimen, dan data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan observasi.Berdasarkan tes awal (pretes) yang dilakukan terhadap 31 siswa terdapat 4 siswa (12,90%) yang mengalami ketuntasan belajar dan 27 siswa (87,10%) yang tidak tuntas dalam belajar dengan perolehan nilai rata-rata 41,31. Pada siklus I terdapat sebanyak 20 siswa (64,51%) yang tuntas dan sebanyak 11 siswa (35,48%) yang termasuk kategori tidak tuntas dengan perolehan nilai rata-rata 65,27. Dan perolehan nilai observasi kegiatan mengajar peneliti sebesar 84,62, sedangkan nilai observasi siswa secara afektif dan psikomotor sebesar 58,25 dan dikategorikan masih kurang. Pada siklus II terdapat 30 siswa (96,77%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 1 siswa (3,23%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar namun perolehan nilai rata-rata sudah mencapai 82,31. Dan perolehan nilai observasi kegiatan mengajar peneliti sebesar 94,23, sedangkan nilai observasi siswa secara afektif dan psikomotor sebesar 81,38, dan itu sudah dikategorikan sebagai sangat baik.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi gaya magnet di kelas V SD Negeri N0.106224 Kerapuh T.A 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Zur m |
Keywords: | Hasil Belajar; Perkembangan Kognitif; Magnet; Metode Eksperimen; IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 02:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7609 |