Herawati, Novita (2014) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE GROUP INVESTIGATION PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN 106388 TANJUNG MORAWA TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103311058 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
1103311058 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (537kB) | Preview
1103311058 PREFACE.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
1103311058 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
1103311058 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
1103311058 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
�1103311058 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
1103311058 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
1103311058 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (465kB) | Preview
1103311058 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
1103311058 BIBIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 106833 Tanjung Morawa. Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Group Investigation Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas IV SDN 106833 Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2013-2014.Jenis penelitian yang digunakan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilaksankan di SDN 106833 Tanjung Morawa, Jln. Medan Lubuk Pakam Km 20 Desa Wonosari Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2013-2014. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas IV SDN 106833 Tanjung Morawa yang berjumlah 30 orang peserta didik 19 laki-laki dan 11 perempuan pada semester genap SDN 106833 Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2013-2014. Pelaksanaan PTK ini dilakukan dalam dua siklus, setia siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Masing-masing dilaksanakan 2 kali pertemuan. Alat pengumpul data yang digunakan adalah dengan menggunakan lembar observasi untuk mengukur tingkat aktivitas belajar siswa. Lembar observasi meliputi aktivitas guru dan siswa dalamproses pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan dengan memakai analisis data presentase. Penelitian ini menggunakan metode Group Investigation untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok gaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa observasi aktivitas belajar siswa pada saat siklus I pertemuan 1 dengan nilai rata-rata aktivitas belajar siswa yaitu 57,02%, pada siklus I pertemuan 2 naik menjadi 69%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II pertemuan 1 menjadi 73,45%, dan pada pertemuan 2 meningkat sampai 76%. Sedangkan tingkat keberhasilan aktivitas belajar secara klasikal pada siklus I pertemuan 1 yaitu 23%, dan pada pertemuan 2 mengalami kenaikan menjadi 63,33%, pada siklus 2 pertemuan 1 mengalami peningkatan menjadi 80% dan pada pertemuan 2 meningkat menjadi 86,66%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Group Investigation dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi pokok gaya di kelas IV SDN 106833 Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2013-2014. Hal ini berarti bahwa hipotesis dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Her m |
Keywords: | Hakikat Belajar; Group Investigation; Aktivitas Belajar; Gaya; Metode Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 01:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7605 |