Silalahi, Sondy Posma (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN POLA MANAJEMEN KELAS PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 064998 RENGAS PULAU T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103111060 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
1103111060 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (651kB) | Preview
1103111060 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
1103111060 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
1103111060 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
1103111060 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
1103111060 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
1103111060 BAB I.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
1103111060 BAB V.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
1103111060 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 064998 Rengas Pulau T.A 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan pola manajemen kelas dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sifat-sfat cahaya.Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus, yang terdiri atas 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 30 siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya dengan menerapkan pola manajemen kelas. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 064998 Rengas Pulau. Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi dan tes dan Kriteria ketuntasan hasil belajar siswa didasarkan ketuntasan secara perorangan dengan nilai ≥ 65. Dan secara klasikal ketuntasan seluruh siswa dikatakan telah berhasil dalam belajar apabila mendapatkan nilai ≥ 65. Hasil penelitian yang diperoleh selama pengamatan menunjukkan adanya peningkatan pada setiap siklus Yaitu : Pada siklus I diperoleh data bahwa sekitar 40% siswa yang hasil belajarnya tergolong belum tuntas dan hanya sekitar 60% siswa yang hasil belajarnya tergolong tuntas, Pada siklus II diperoleh data bahwa hanya 3,3% siswa yang hasil belajarnya belum tuntas dan sekitar 96,7% siswa yang hasil belajarnya tergolong tuntas.Dari penelitian tindakan ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pola manajemen kelas pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, sebaiknya pola manajemen kelas digunakan guru sebagai salah satu alternatif guru dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, maupun pada mata pelajaran lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Sil m |
Keywords: | Hasil Belajar; Manajemen Kelas; Pembelajaran Sains; Sekolah Dasar; Disiplin Kelas; Teknik Manajemen Kelas |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 08 Aug 2016 08:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7598 |