Sianipar, Fatma S.H. (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 106836 TANJUNG MORAWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
109311027 COVER.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
109311027 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (955kB) | Preview
109311027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
109311027 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
109311027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
109311027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
109311027 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
109311027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
109311027 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
109311027 BAB I.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
109311027 BAB V.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
109311027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan membaca siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi pokok Lingkungan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) di Kelas IV SD Negeri 106836 Tanjung Morawa.Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini siswa kelas IV SD Negeri 106836 Tanjung Morawa tahun ajaran 2013/2014 berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 19 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Penelitian dilakukan selama 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan membaca dan lembar format observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa dari hasil pretes diperoleh rata-rata nilai kemampuan membaca awal siswa (pretes) sebesar 45,0 dan dari 30 siswa hanya 5 orang (16,7%) yang dinyatakan tuntas belajar (mampu membaca). Pada siklus I diperoleh rata-rata nilai kemampuan membaca siswa (postes I) sebesar 70,6 dan jumlah siswa yang dinyatakan tuntas belajar (mampu membaca) sebanyak 22 orang (73,3%). Pada siklus II diperoleh rata-rata nilai kemampuan membaca siswa (postes II) sebesar 82,4 dan siswa yang dinyatakan tuntas belajar (mampu membaca) sebanyak 29 orang (96,7%). Berdasarkan hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata nilai dan persentase atau jumlah siswa yang dinyatakan tuntas belajar (mampu membaca) pada siklus II lebih tinggi dibandingkan hasil siklus I maupun hasil pretes (tes awal) yang berarti ada peningkatan yang signifikan.Dengan demikian dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi pokok Lingkungan di Kelas IV SD Negeri 106836 Tanjung Morawa. Sebagai tindak lanjut disarankan kepada guru untuk dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) dalam pembelajaran membaca agar siswa lebih berperan aktif dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.4 Sia p |
Keywords: | Hakikat Belajar; Hasil Belajar; Membaca; Kemampuan Membaca; Pembelajaran Kooperatif; STAD |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 08 Aug 2016 08:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7596 |