Ziyadi, Ahsan (2014) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMACHIMENT DIVISION (STAD) PADA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 101080 MUARATIS 2 KEC. BT. ANGKOLA KAB. TAPSEL TA 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1101111001 COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
1101111001 LEMBAR PENEGESAHAN.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
1101111001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
1101111001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
1101111001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
1101111001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
1101111001 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
1101111001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
1101111001 BAB I.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
1101111001 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
1101111001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian adalah Apakah dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achiment Division (STAD) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi pokok Pokok Energi dan kegunaanya di Kelas IV SD Negeri 101080 Muaratis 2 Kec. BT. Angkola Kab. Tapsel TA 2013/2014?. Tujuan penelitian ini Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achiment Division (STAD) Materi Pokok Energi dan kegunaanya di Kelas IV SD Negeri 101080 Muaratis 2 Kec. BT. Angkola Kab. Tapsel TA 2013/2014”.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research ) yaitu penelitian yang menjelaskan upaya-upaya yang dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa khususnya pada pelajaran IPA materi pokok energi dan penggunaannya. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas kelas IV SD Negeri 101080 Muaratis 2 Kec. BT. Angkola Kab. Tapsel TA 2013/2014 berjumlah 32 orang siswa. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari II siklus, siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti melakukan observasi pada saat guru melakukan pembelajaran.Berdasarkan analisis data pada awal tindakan sebanyak 16 orang sswa kategori rendah, sebanyak 10 orang siswa (31.25%) kategori sedang dan sebanyak 6 orang siswa (18,75%) kategori tinggi dengan rata-rata klasikal sebesar 59. Pada siklus I pertemuan 1 sebanyak 15 orang siswa (45,88%) dengan motivasi rendah, sebanyak 11 orang siswa (34,38%) dengan motivasi sedang dan sebanyak 6 orang siswa (18,75%) dengan motivasi tinggi nilai rata-rata 61. Sedangkan pada siklus I pertemuan 2 terdapat 7 orang siswa (21,88%) mendapat nilai rendah, sebanyak 7 orang siswa ( 21,88%) mendapat nilai sedang dan sebanyak 18 orang siswa (56,25%) mendapat nilai tinggi dengan nilai rata-rata 77. Pada siklus II pertemuan 1 terdapat 4 orang siswa (21,88%) dengan motivasi rendah sebanyak 7 odang siswa (21,99%) dengan motivasi belajar sedang dan sebanyak 18 orang siswa (56,25%) dengan motivasi belajar tinggi dengan rata-rata 78. Pada siklus II pertemuan 2 sebanyak 2 orang siswa (6,25%) tergolong rendah, sebanyak 10 orang siswa (31.25%) kategori sedang dan sebanyak 20 orang siswa (62,25%) kategori tinggi dengan rata-rata 81. Oleh karenanya disarankan kepada guru agar menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achiment Division (STAD) sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPA materi pokok energi dan penggunaanya di kelas IV SD Negeri 101080 Muaratis 2 Kec. BT. Angkola Kab. Tapsel TA 2013/2014.Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini adalah Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achiment Division (STAD) Materi Pokok Energi dan kegunaanya di Kelas IV SD Negeri 101080 Muaratis 2 Kec. BT. Angkola Kab. Tapsel TA 2013/2014 diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Ziy m |
Keywords: | Motivasi Belajar; Belajar; Model Pembelajaran; Pembelajaran Kooperatif; STAD; Pembelajaran IPA |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 03:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7589 |