Situmorang, Cristy Amelia (2014) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 101774 SAMPALI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103111011 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
1103111011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
1103111011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
1103111011 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
1103111011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
1103111011 DAFTRA GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
1103111011 DAFTRA TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
1103111011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
1103111011 BAB I.pdf - Published Version
Download (505kB) | Preview
1103111011 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
1103111011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah kurangnya pemahaman konsep siswa pada pelajaran IPA yang dilihat dari hasil belajar IPA siswa yang rendah juga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa pada pelajaran IPA setelah diterapkan model pembelajaran guided inquiry pada materi energi dan penggunaannya di kelas IV SD Negeri 101774 Sampali TA 2013/2014.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 101774 Sampali TA 2013/2014 yang berjumlah 40 orang siswa. Objek penelitian ini adalah implementasi model pembelajaran guided inquiry untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada pelajaran IPA khususnya materi energi dan penggunaannya. Instrumen penelitian ini adalah tes dan observasi.Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dibagi atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum memberikan tindakan, siswa diberikan tes awal dan disetiap akhir siklus diberikan tes pemahaman konsep. Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan pemahaman konsep siswa pada pelajaran IPA materi energi dan penggunannya dikelas IV mulai dari tes awal sampai tes pemahaman konsep. Banyak siswa yang mencapai ketuntasan belajar dari tes awal yaitu 5 dari 40 orang (12,5%) dengan rata-rata kelas 44,00. Hasil analisis data pada siklus I setelah dilakukan penerapan model pembelajaran guided inquiry menunjukkan banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 21 orang (52,5%) dengan rata-rata kelas 62,00. Sedangkan banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar pada siklus II adalah 37 orang (92,5%) dan rata-rata kelas 80,50. Berdasarkan kriteria ketuntasan belajar klasikal maka pembelajaran ini telah mencapai target ketuntasan belajar klasikal.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran guided inquiry, pemahaman konsep siswa pada pelajaran IPA khususnya materi energi dan penggunaannya dikelas IV SD Negeri 101774 Sampali TA 2013/2014 meningkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Sit i |
Keywords: | Konsep; Guided Inquiry; Hakikat; Pembelajaran; IPA; Energi; Perpindahan Panas |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 03:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7586 |