Hidayatunnisa, Nurul (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD SWASTA NASIONAL BERINGIN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103111045 COVER.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
1103111045 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (982kB) | Preview
1103111045 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
1103111045 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
1103111045 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (422kB) | Preview
1103111045 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
1103111045 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
1103111045 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
1103111045 BAB I.pdf - Published Version
Download (661kB) | Preview
1103111045 BAB V.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
1103111045 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
1103111045 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
Abstract
Masalah utama dalam penelitian ini adalah rata-rata hasil belajar siswa yang masih tergolong rendah. Sedangkan tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggumpulkan data hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi daur air kelas V-A SD Swasta Nasional Beringin T.A 2013/2014 dengan menggunakan media animasi audio visual.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V-A SD Swasta Nasional Beringin T.A 2013/2014 sebanyak 1 kelas, dengan 32 siswa yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus dan tiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Setiap pertemuan harus melakukan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis data, pada tes awal diperoleh nilai rata-rata 48,28. Setelah pelaksanaan siklus I, diperoleh tingkat peningkatan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu 18 orang siswa (56,25%) dengan nilai rata-rata 68,91. Selanjutnya pada siklus II, diperoleh tingkat peningkatan hasil belajar siswa yaitu 29 orang siswa (90,63%) dengan nilai rata-rata 83,44. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media animasi audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi daur air kelas V-A SD Swasta Nasional Beringin T. A 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Hid m |
Keywords: | Belajar; Pengertian Belajar; Hasil Belajar; IPA; Materi Daun Air; Media Animasi Audio Visual |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 04:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7584 |