Ramadhan, Rizky Chairu (2014) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KERJA LAPANGAN, INKUIRI, DISKUSI PADA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 050670 PANTAI GEMI T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103311074 COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
1103311074 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (812kB) | Preview
1103311074 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
1103311074 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
1103311074 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
1103311074 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
1103311074 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
1103311074 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
1103311074 BAB I.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
1103311074 BAB V.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
1103311074 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
1103311074 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menggunakan model pembelajaran kerja lapangan, inkuiri dan diskusi terhadap keberhasilan belajar pada pelajaran IPA dikelas V SD Negeri 050670 Pantai Gemi Tahun Ajaran 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang yang akan diberikan tindakan berupa pengajaran melalui model pembelajaran kerja lapangan, inkuiri dan diskusi. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (Classroom Action Research). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar I dan tes hasil belajar II yang berbentuk aplikasi pelajaran IPA sebanyak dua kali pertemuan. Dari hasil observasi pada guru ini dapat dilihat bahwa kegiatan pembelajaran pada siklus I ini telah berlangsung dengan baik dan pada siklus II juga berlangsung dengan baik. Hasil observasi pada siswa ini dapat dilihat bahwa kegiatan pembelajaran pada siklus I berlangsung dengan baik dan pada siklus II berlangsung dengan sangat baik.Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya : 1) Pada siklus I pertemuan 1 dari 22 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 4 orang siswa (18,18%) yang sudah aktif dalam belajar, sedangkan selebihnya yaitu 18 orang siswa (81,82%) belum aktif didalam belajar. Nilai rata – rata yang diperoleh hanya mencapai 57,76. Kemudian di siklus I pertemuan kedua, dari 22 orang siswa hanya 7 orang siswa yang aktif di dalam belajar (31,18), dan terdapat 15 orang siswa yang belum aktif dalam belajar (68,82%). Dan nilai rata-rata pada siklus I pertemuan 2 adalah 60,79. 2) Kemudian setelah diberikan tindakan pada siklus II sebanyak dua kali pertemuan, siswa kembali diberi test aktivitas belajar pada siklus II pertemuan 1 yang kemudian diperoleh ternyata dari 22 orang siswa, diperoleh 11 orang yang sudah aktif (50%) dan 11 orang yang belum aktif dalam belajar (50%). Dan nilai rata-rata siklus II pertemuan 1 adalah 65,75. Kemudian, di siklus II pertemuan 2, terdapat 20 orang siswa yang aktif dalam belajar (90,90%) dan 2 orang yang belum aktif dalam belajar (9,10%). Dan nilai rata-rata siklus II pertemuan 2 adalah 74,05. Berdasarkan hal itu maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran menggunakan model kerja lapangan, inkuiri, dan diskusi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada siswa kelas V SD Negeri 050670 Pantai Gemi T.A. 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Ram m |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Model Pembelajaran; Model Pembelajaran Klidis; Pembelajaran Inkuiri; Pembelajaran Diskusi; IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 04:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7583 |