Sitanggang, Herlince Br (2014) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERORIENTASI AKTIVITAS SISWA (PBAS) DI KELAS V SD NEGERI 106161 PASAR IV TIMUR MEDAN ESTATE TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1114311008 COVER .pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
1114311008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (496kB) | Preview
1114311008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
1114311008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
1114311008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
1114311008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
1114311008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
1114311008 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
1114311008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
1114311008 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
1114311008 BAB I.pdf - Published Version
Download (421kB) | Preview
1114311008 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
1114311008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 106161 Pasar IV Timur Medan Estate. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pelajaran IPA pokok bahasan perubahan wujud benda yang dapat kembali dengan menggunakan Pendekatan Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa (PBAS). Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah Dengan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa (PBAS) dapat meningkatkan minat belajar siswa pokok bahasan perubahan wujud benda yang dapt kembali Di SD Negeri 106161 Pasar IV Timur Medan Estate Tahun Ajaran 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 106161 Pasar IV Timur Medan Estate dengan jumlah siswa 25 orang. Penelitian ini dilakukan untuk bidang studi IPA tentang ‘’Perubahan Wujud Benda yang dapat kembali’’ alat yang dilakukan untuk mengumpulkan data adalah Lembar Observasi Siswa dan Angket. Hasil Penelitian menunjukkan pada keadaan awal bahwa hanya 2 orang siswa yang berminat belajarnya (8%), Sedangkan siklus I pertemuan I ada 10 orang berminat (40%), dan pada pertemuan ke II ada 12 orang yang berminat (48%). Pada siklus II Pertemuan III ada 22 orang yang berminat (88%), sedangkan pada pertemuan ke IV ada 24 orang yang berminat belajarnya (96%).Berdasarkan hasil Penelitian mulai dari keadaan awal, siklus I Pertemuan I, Pertemuan ke I, pertemuan II, siklus II pertemuan ke III, pertemuan ke IV sudah mengalami peningkatan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Pendekatan Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa (PBAS) dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam pelajaran IPA pokok bahasan perubahan wujud benda di SD Negeri 106161 Pasar IV Timur Medan Estate
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Sit u |
Keywords: | Minat belajar siswa; Pembelajaran berorientasi; aktivitas siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 08 Aug 2016 08:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7575 |