Saputri, Silfina (2015) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL COMPLETE SENTENCE PADA TEMA PERMAINAN DI KELAS III SD NEGERI NO. 064964 SIDODAME KEC. MEDAN TIMUR TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1113111064 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
1113111064 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
1113111064 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
1113111064 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
1113111064 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
1113111064 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
1113111064 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
1113111064 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
1113111064 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
1113111064 BAB I.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
1113111064 BAB V.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
1113111064 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
Abstract
Salah satu cara meningkatkan mutu penidikan adalah dengan meningkatkan mutu pelajaran terutama pembelajaran di sekolah dasar (SD), karena pada jenjang pendidikan tersebut siswa diajarkan tiga kemampuan dasar yaitu kemampuan membaca, menulis, dan berhitung. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar Bahasa Indonesia Tema Permainan pada materi Menulis Karangan berdasarkan gambar berseri. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa pada materi menulis karangan berdasarkan gambar berseri dengan menggunakan model pembelajaran Complete Sentence kelas III SD Negeri 064964 Sidodame Kec.Medan Timur. Penggunaan Model Pembelajaran Complete Sentence sebagai salah satu model pembelajaran yang berbeda dengan metode ceramah. Melatih kebersamaan, serta mampu bertukar pendapat dengan teman sebangkunya. Penelitian ini menggunakan desain PTK ( Penelitian Tindakan Kelas) denagn tindakan model pembelajaran Complete Sentence, subjek dalam peneliti ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 064964 Sidodame kec. Medan Timur Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 34 orang. peneliti ini dilaksakan dua siklus, yakni siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaituperencanaan, pelaksanaan,tindakan,observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi angket. Berdasarkan analisisi data, bahwa hasil observasi motivasi belajar siswa pada kondisi awal terdapat 5 orang siswa yang termotivasi dan 29 orang siswa tidak termotivasi dan nilai rata-rata motivasi belajar siswa adalah (14,70%), dan pada siklus I pertemuan I terdapat 11 orang siswa yang etrmotivasi dan 23 orang siswa yang tidak termotivasi dan nilai rata-rata motivasi belajar siswa adalah (32,25%), dan pada siklus I pertemuan II terdapat 21 orang siswa yang termotivasi dan 13 orang siswa yang tidak termotivasi dan nilai rata-rata motivasi belajar siswa adalah (61,76%), sedangkan pada siklus II pertemuan I terdapat 26 siswa termotivasi dan 8 orang siswa tidak termotivasi dengan diperoleh rata-rata motivasi belajar siswa adalah (76,47%), dan pada siklus II pertemuan II terdapat 33 orang siswa termotivasi dan 1 orang siswa tidak termotivasi dengan dikatakan bahwa setelah menerapkan model pembelajaran Complete sentence pada Tema permainan Materi pokok Menulis karangan berdasarkan gambar berseri di SD Negeri 064964 Sidodame Kec. Medan Timur tahun ajaran 2014/2015. Penerapan model Complette Sentence dapat meningkatkan motivasi belajar siswa karena dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar aktif bersama teman kelompoknya sehingga siswa untuk berusaha mengerjakan tugas-tugas dengan mendapatkan nilai yang maksimal dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.832 Sep m |
Keywords: | hakekat Belajar; Motivasi; Menyusun Kalimat |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 08 Aug 2016 07:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7570 |