Zahara, Lidya (2014) HUBUNGAN PENGELOLAAN KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 101777 SAENTIS TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103111037 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
1103111037 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
1103111037 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
1103111037 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
1103111037 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
1103111037 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
1103111037 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
1103111037 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
1103111037 BAB I.pdf - Published Version
Download (444kB) | Preview
1103111037 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
1103111037 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan : (1) untuk mengetahui bagaimana pengelolaan kelas yang dilakukan guru di kelas V SD Negeri 101777 Saentis Tahun Ajaran 2013/2014, (2) untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 101777 Saentis Tahun Ajaran 2013/2014, dan (3) untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara pengelolaan kelas dengan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 101777 Saentis Tahun Ajaran 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101777 Saentis yang berlokasi di jalan Medan-Percut km 15,5 Desa Saentis. Penelitian ini termasuk penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 101777 Saentis. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 41 orang siswa dan yang menjadi responden ujicoba adalah siswa kelas V SD Negeri 101866 Batang Kuis yang berjumlah 30 orang siswa. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan angket yaitu angket pengelolaan kelas (X) dan motivasi belajar (Y).Uji validitas menggunakan rumus Product Moment dan untuk uji reliabilitas menggunakan rumus koefisien alpha, perhitungan analisis data dalam penelitian dilakukan setelah memenuhi persyaratan normalitas, uji linieritas dan uji hipotesis yang hasilnya berdistribusi normal.Analisis data dilakukan dengan rumus Product Moment. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa, terdapat hubungan yang signifikan antara pengelolaan kelas dengan motivasi belajar siswa dimana rxy > r tabel yaitu 0,477 > 0,308 dan nilai t hitung > t tabel yaitu 3,387 > 2,023. Sehingga hipotesis yang diajukan dapat diterima dan teruji kebenarannya pada taraf α = 0,05. Hal ini berarti semakin baik pengelolaan yang dilakukan guru maka semakin tinggi tingkat motivasi belajar siswa dan besarnya sumbangan atau konstribusi pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa sebesar 22,75%.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 101777 Saentis tahun ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.068 Zah h |
Keywords: | Pengelolaan Kelas; Defenisi Operasional; Motivasi Belajar; Iklim Belajar; Fungsi Motivasi; Motivasi Siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 02 Aug 2016 07:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7559 |