Ratrianingsih, Erviana (2013) UPAYA MENINGKATKAN KOSAKATA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE GLENN DOMAN DI TK KARYA BUNDA MEDAN ESTATE. T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109098007 COVER.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
109098007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
109098007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
109098007 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
109098007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
109098007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
109098007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
109098007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
109098007 BAB I.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
109098007 BAB V.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
109098007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
Abstract
Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Guru belum dapat menyajikan pembelajaran secara aktif, kreatif dan integratif sesuai dengan kondisi anak di lapangan, (2) Pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang bervariasi, Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Guru belum dapat menyajikan pembelajaran secara aktif, kreatif dan integratif sesuai dengan kondisi anak di lapangan, (2) Pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang bervariasi, (3) Kurangnya kosa kata yang dimiliki anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kosa kata anak usia 5-6 tahun dengan menggunakan metode Glenn Doman di TK Karya Bunda jalan Petvur Utama No 77 Medan Estate T.A 2012/2013. Subjek penelitian ini adalah anak kelas B Jeruk yang berjumlah 17 orang, yang terdiri dari 10 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Objek penelitian ini adalah meningkatkan kosakata anak usia 5-6 tahun di TK Karya Bunda Medan Estate T.A 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pengumpulan datanya menggunakan lembar observasi. Hasil observasi dan refleksi pada siklus I telah diajarkan dengan kegiatan membaca dengan metode Glenn Doman pada tema alam semesta. Dari hasil penelitian terdapat sebanyak 1 orang anak (5,9%) tegolong sangat tinggi, 5 orang anak (29,4%) tergolong tinggi, dan sebnayak 11 orang anak (64,7%) tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat bahwa kegiatan membaca atau peningkatan kosakata anak masih belum maksimal pada kegiatan siklus I karena masih terdapat (64,7%) anak yang memiliki kriteria peningkatan yang rendah. Sehingga perlu dilanjutkan pada pembelajaran pada siklus II, dilakukan pembelajaran yang tetap seperti pada siklus I, setelah tindakan siklus II dilakukan, dari hasil observasi dan refleksi menunjukkan adanya peningkatan kreativitas anak dibandingkan pada siklus I, yaitu anak yang tergolong sangat tinggi meningkat menjadi 8 orang anak (47,1%), sedangkan anak yang tergolong tinggi sebanyak 8 orang anak (47,1%), sedangkan anak yang tergolong rendah menurun menjadi 1 orang anak (5,8%) dan anak yang tergolong sangat rendah tetap tidak ada seorang anakpun (0%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Glenn Doman dapat meningkatkan kosakata anak pada kelas B Jeruk di TK Karya Bunda Medan Estate T.A 2012/2013. (3) Kurangnya kosa kata yang dimiliki anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kosa kata anak usia 5-6 tahun dengan menggunakan metode Glenn Doman di TK Karya Bunda jalan Petvur Utama No 77 Medan Estate T.A 2012/2013. Subjek penelitian ini adalah anak kelas B Jeruk yang berjumlah 17 orang, yang terdiri dari 10 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Objek penelitian ini adalah meningkatkan kosakata anak usia 5-6 tahun di TK Karya Bunda Medan Estate T.A 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pengumpulan datanya menggunakan lembar observasi. Hasil observasi dan refleksi pada siklus I telah diajarkan dengan kegiatan membaca dengan metode Glenn Doman pada tema alam semesta. Dari hasil penelitian terdapat sebanyak 1 orang anak (5,9%) tegolong sangat tinggi, 5 orang anak (29,4%) tergolong tinggi, dan sebnayak 11 orang anak (64,7%) tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat bahwa kegiatan membaca atau peningkatan kosakata anak masih belum maksimal pada kegiatan siklus I karena masih terdapat (64,7%) anak yang memiliki kriteria peningkatan yang rendah. Sehingga perlu dilanjutkan pada pembelajaran pada siklus II, dilakukan pembelajaran yang tetap seperti pada siklus I, setelah tindakan siklus II dilakukan, dari hasil observasi dan refleksi menunjukkan adanya peningkatan kreativitas anak dibandingkan pada siklus I, yaitu anak yang tergolong sangat tinggi meningkat menjadi 8 orang anak (47,1%), sedangkan anak yang tergolong tinggi sebanyak 8 orang anak (47,1%), sedangkan anak yang tergolong rendah menurun menjadi 1 orang anak (5,8%) dan anak yang tergolong sangat rendah tetap tidak ada seorang anakpun (0%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Glenn Doman dapat meningkatkan kosakata anak pada kelas B Jeruk di TK Karya Bunda Medan Estate T.A 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.014 Rat u |
Keywords: | Kosa Kata; Perkembangan Kosa Kata AUD; Karakteristik AUD; Metode Belajar; Metode Glenn Doman; Pelaksanaan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 02 Aug 2016 03:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7550 |