Harahap, Irmawaty (2013) MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI KELOMPOK B MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DI PAUD ALAMANDA TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
COVER.docx - Published Version
Download (56kB)
1103313009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
1103313009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
1103313009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
1103313009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
1103313009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
1103313009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
1103313009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
1103313009 BAB I.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
1103313009 BAB V.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1103313009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah:1). Anak masih mengalami kesulitan dalam melakukan gerak koordinasi antara mata dengan gerak motorik halus, dalam hal ini gerakan tangan. 2). Guru masih menggunakan metode pembelajaran yang bersifat konvensional, yaitu metode ceramah yang berpusat pada guru. 3). Kemampuan motorik halus anak masih rendah. 4). Kurangnya fasilitas media pembelajaran ataupun alat bermain yang mampu menunjang perkembangan motorik halus anak usia dini. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: Untuk meningkatkan motorik halus anak usia dini kelompok B menggunakan metode demonstrasi dengan tehnik melipat.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelas B yang berjumlah 20 orang anak. Proses penelitian dilakukan melalui 2 siklus. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Tehnik analisis data menggunakan rumus persentase Pi= f/n x 100Hasil observasi dan refleksi pada siklus I setelah kegiatan melipat kertas dengan metode demonstrasi dilakukan terdapat sebanyak 11 orang anak (55%) tergolong cukup baik dan 9 orang anak (45 %) tergolong kurang baik. Pada siklus II dilakukan perbaikan pembelajaran dengan tetap melakukan kegiatan melipat kertas dengan metode demonstrasi. Setelah tindakan siklus II dilakukan, terdapat 10 orang anak (50 %) tergolong sangat baik, 8 orang anak (40 %) tergolong baik, dan 2 orang anak (10 %) tergolong cukup baik.Dengan demikian dapat terjawab bahwa kegiatan melipat kertas merupakan salah satu upaya yang dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak di kelompok B PAUD Alamanda T.A 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.019 Har m |
Keywords: | Motorik Halus; Pengembangan; Metode Demonstrasi; Pelaksanaan; Aspek Penilaian |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 04:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7540 |