Fatimah (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TEAM QUIZ PADA MATERI POKOK KEGIATAN EKONOMI DALAM MEMANFAATKAN SUMBER DAYA ALAM PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN 101884 TG.MORAWA TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109099010 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
109099010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
109099010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
109099010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
109099010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
109099010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
109099010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
109099010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
109099010 BAB I.pdf - Published Version
Download (557kB) | Preview
109099010 BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
109099010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS, dengan menggunakan metode team quiz Pada materi kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana keefektifan metode team quiz terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada materi kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam di SD Negeri 101884 Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101884 Kec. Tanjung morawa, Jenis penelitian ini adalah penelitian kelas (PTK) Subjek dalam penelitian ini sebanyak 30 orang siswa kelas IV SD Negeri 101884 Kec tanjung morawa.terdiri diri dari dua siklus setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. tehnik yang digunakan dalam pengumpulan data ini adalah tes dan observasi, tes diberikan berupa soal pilihan berganda 20 butir soal, soal diberikan sebanyak 3 kali yaitu tes awal, siklus 1, dan siklus 2. Pada hasil penelitian saat tes awal diperoleh nilai rata-rata sebesar 41,33 dan meningkat menjadi dengan rata-rata 57,33 pada siklus I dan kembali meningkat menjadi rata-rata 85,33 pada saat tes siklus II. Sebelum diberikan tindakan, pengetahuan awal tingkat ketuntasan yang dicapai siswa secara klasikal adalah sebesar 20% (belum tuntas), setelah dilakukan tindakan pada siklus I diperoleh tingkat ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 53,33% yang berarti secara klasikal belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Selanjutnya, dari hasil tes pada siklus II sebagai bentuk perbaikan dari siklus I diperoleh tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 93,33% yang berarti telah mencapai keberhasilan atau dengan kata lain setelah siklus II siswa secara klasikal sudah mencapai ketuntasan belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode team quiz dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam kelas IV SD Negeri 101884 Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.89 Fat m |
Keywords: | Hasil Belajar; Metode; Jenis-jenis Penelitian; Metode Team Quiz; Ilmu Sosial; Ekonomi; Sumber Daya Alam |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 03:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7527 |