Daulay, Resha Yunita (2013) PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 064975 MEDAN DENAI TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109311088 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
109311088 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
109311088 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
109311088 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
109311088 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
109311088 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
109311088 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
109311088 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
109311088 BAB I.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
109311088 BAB V.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
Abstract
IPS sering dianggap pelajaran yang membosankan dan menjenuhkan dalam proses pembelajaran, sehingga banyak siswa yang belum memahami materi pelajaran dengan baik dan serta hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS sangat rendah. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok peranan tokoh pejuang kemerdekaan indonesia dengan menggunakan metode role playing di kelas V Medan Denai. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini siswa kelas V SD Negeri 064975 Medan Denai tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 1 kelas yaitu 25 orang siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 14 orang siswa peremuan. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Jadi dalam 2 siklus ada 4 kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu hasil tes dan lembar observasi. Hasil penelitian diperoleh siklus I dengan menerapkan metode role playing rata-rata nilai siswa 64,6 dan setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus II diperoleh rata-rata nilai hasil belajar siswa sebelum meningkat menjadi 85,2. Demikian halnya dengan ketuntasan belajar siswa siklus I sebanyak 12 orang (48%) yang tuntas belajar sedangkan 13 orang (52%) belum tuntas, dan setelah dilakukan tindakan siklus II sebanyak 23 orang (92%) yang telah tuntas sedangkan 2 orang (8%) masih belum tuntas.Hasil observasi guru diperoleh pada siklus I pertemuan pertama dengan menerapkan metode role playing rata-rata 62,5 tergolong rendah, lalu dilakukan tindakan siklus I pertemuan kedua diperoleh rata-rata nilai 70,8 tergolong sedang. Dan setelah dilakukan siklus II pertemuan pertama diperoleh nilai rata-rata 77,8 tergolong sedang dan siklus II pertemuan kedua diperoleh nilai rata-rata 85,4 tergolong tinggi. Dari hasil yang diperoleh dari 25 siswa, dapat dilihat bahwa setelah dilakukan tindakan pada setiap siklusnya, terjadi peningkatan nilai. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan mengggunakan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS materi pokok peranan tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia di kelas V SD Negeri 064975 Medan Denai Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.890 4 Dau p |
Keywords: | Hasil Belajar; Metode; Metode Role Playing; Pembelajaran IPS; Pejuang Kemerdekaan Indonesia |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 03:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7526 |