Hasibuan, Heri Aftitah (2013) PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 101868 DESA SENA KEC. BATANG KUIS . T. A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109311035 COVER.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
109311035 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
109311035 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
109311035 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
109311035 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
109311035 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
109311035 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
109311035 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
109311035 BAB I.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
109311035 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
109311035 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran IPS karena guru kurang pariatif menggunakan metode yang cocok pada pelajaran, sehingga siswa cenderung bosan dan tidak tertarik untuk belajar IPS. Tujuan penelitian yaitu meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS pokok bahasan peristiwa-peristiwa penting menjelang kemerdekaan bagi siswa kelas V SD. Negeri No. 101868 Desa Sena adalah dengan menggunakan metode bermain peran.Mengatasi masalah- masalah yang timbul pada pembelajaran IPS peneliti menggunakan metode bermain peran dengan berpedoman dari beberapa teori yaitu menurut pendapat (Djamarah, Sanjaya dan istarani ).Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD. Negeri No.101868 Desa sena yang berjumlah 39 orang yang terdiri 22 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes dan observasi yang dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung guna mendapatkan data hasil belajar siswa pada pokok bahasan peristiwa-peristiwa penting menjelang kemerdekaan. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II yang mana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sebelum siklus I, peneliti melakukan tes awal untuk melihat letak kesulitan siswa dalam mempelajari materi peristiwa-peristiwa penting menjelang kemerdekaan. Dari tes awal dilanjutkan ke siklus I dan selanjutnya siklus II dengan memberikan postes I dan postes II untuk mengetahui hasil belajar siswa.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tes awal diperoleh nilai rata-rata adalah 50,7 dengan perincian 10 orang siswa (25,6 %) sudah tuntas belajar dan 29 orang siswa (74,4 %) belum tuntas dari 39 orang siswa. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 59,7 dengan perincian 16 orang siswa (41 %) sudah tuntas dan 23 orang siswa (59 %) belum tuntas, dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 85,3 dengan perincian 38 siswa (97,4 %) sudah tuntas belajar dan 1 orang siswa (2,6 %) belum tuntas belajar dari 39 orang siswa.Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS pada pokok bahasan peristiwa-peristiwa penting menjelang kemerdekaan bagi siswa kelas V SD. Negeri No.101868 Desa Sena T. A. 2012/ 2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.890 4 Has p |
Keywords: | Hasil Belajar; Metode; Bermain Peran (Role Playing); IPS; Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 03:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7525 |