Andasari, Winda (2013) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DI TK AN-NISA MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103313022 COVER.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
1103313022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
1103313022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
1103313022 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
1103313022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
1103313022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
1103313022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
1103313022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
1103313022 BAB I.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
1103313022 BAB V.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
1103313022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Pada anak usia dini ada beberapa aspek perkembangan yang harus di stimulus, salah satunya adalah perkembangan kognitif. Kognitif adalah suatu proses berpikir. Proses kognitif berhubungan dengan tingkat kecerdasan (inteligensi) seseorang. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak yaitu melalui model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) merupakan model pembelajaran yang melibatkan lebih banyak anak dalam menelaah materi yang tercakup dalam suatu pelajaran dan mengecek pemahaman anak terhadap materi pembelajaran yang diajarkan guru.Permasalahan pada penelitian ini adalah kurangnya kemampuan anak dalam memahami materi pembelajaran yang diberikan guru. Sebagian besar anak masih belum dapat mengenal angka, huruf dan warna dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun melalui model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) di TK AN-NISA Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Objek penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK AN-NISA Medan. Subjek penelitian adalah anak kelas B Pelangi yang berjumlah 12 orang. Proses penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi.Hasil analisa setelah diberikan tindakan pada siklus I dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) didapat 2 orang anak (16,67%) yang memiliki kemampuan kognitif baik sekali, 5 orang anak (41,67%) yang memiliki kemampuan kognitif baik, dan 5 orang anak (41,67%) yang memiliki kemampuan kognitif cukup. Pada siklus ini persentase kemampuan klasikal belum tercapai.Hasil analisa pada siklus II, dari 12 orang anak terdapat 9 orang anak (75%) yang memiliki kemampuan kognitif baik sekali, 1 orang anak (8,33%) memiliki kemampuan kognitif baik, 2 orang anak (16,67%) memiliki kognitif cukup. Tidak ada anak yang memiliki kemampuan kognitif kurang baik. Pada siklus ini persentase kemampuan klasikal anak sudah tercapai yaitu sebesar 83,3%.Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh bahwa melalui model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak 5-6 tahun di TK AN-NISA Medan tahun ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.207 1 And m |
Keywords: | Model Pembelajaran; Konsep Numbered Heads Together; Kognitif; Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 03:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7522 |