Sari, Suci Perwita (2014) HUBUNGAN VERBAL BULLYING DENGAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA SD NEGERI 104206 SEI ROTAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103111062 COVER.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
1103111062 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (936kB) | Preview
1103111062 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
1103111062 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
1103111062 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
1103111062 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
1103111062 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
1103111062 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
1103111062 BAB I.pdf - Published Version
Download (475kB) | Preview
1103111062 BAB V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
1103111062 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
Abstract
Masalah utama dalam penelitian ini adalah kurangnya kecerdasan interpersonal siswa menyebabkan timbulnya masalah masalah sosial di masyarakat. Salah satu hal yang menyebabkan tinggi rendahnya kecerdasan interpersonal adalah verbal bullying. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara verbal bullying dengan kecerdasan interpersonal siswa di SD Negeri 104206 Sei Rotan.Verbal bullying adalah tindakan kekerasan melalui kata kata negatif yang dapat menyakiti perasaan seseorang. Kecerdasan interpersonal adalah kemampuan siswa dalam merasakan dan memahami maksud hati seseorang. Dalam hal ini, korban verbal bullying memiliki tingkat kecerdasan interpersonal yang baik yaitu dapat memahami perasaan orang disekitarnya.Penelitian ini merupakan penelitian deksriptif korelasional. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 104206 Sei Rotan Tahun Ajaran 2013/2014 dengan populasi sebanyak 188 orang dan sampel dengan sampel 128 orang (e = 0,05). Populasi diambil dari 6 kelas yaitu kelas IVA, IVB, VA, VB, VIA, dan VIB. Instrumen yang digunakan dalah angket tertutup dari masing masing variabel dengan skala linkert. Pengujian analisis data yang digunakan adalah normalitas, homogenitas, linieritas, uji korelasi product moment dan uji keberartian hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh gambaran verbal bullying pada kriteria sedang (mean = 27,77) dan kecerdasan interpersonal juga pada kriteria sedang ( mean = 70,68). Hasil analisis korelasi antara verbal bullying dengan kecerdasan interpersonal siswa diperoleh nilai korelasi 0,362. Dengan membandingkan nilai korelasi dengan nilai rtabel α = 0,05 (0,1460) maka terdapat korelasi dengan arah yang positif. Uji hipotesis dengan uji t diperoleh nilai 4,36 dan dengan mwmbandingkan kepada nilat ttabel α = 0,05 (1,97867) sehingga penelitian signifikan, maka hipotesis dapat diterima. Ini berarti bahwa terdapat hubungan yang positif antara verbal bullying dengan kecerdasan interpersonal siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi verbal bullying, maka semakin tinggi kecerdasan interpersonal siswa. Walaupun verbal bullying mampu meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa (khususnya bagi sesama korban) namun hendaknya kecerdasan ini dapat diarahkan kearah yang lebih wajar, yaitu pengembangan pendidikan yang mengutamakan hubungan sosial siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.6 Sar h |
Keywords: | Konsep Kecerdasan; Verbal Bullying; Kecerdasan Interpersonal; Pelaku Bullying; Konsep Bullying; Karakteristik Anak |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 02:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7519 |