Hidayati (2013) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA PEMBELAJARAN SAINS KELAS IV SD NEGERI 2 PERCONTOHAN BLANGKEJEREN GAYO LUES T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109099011 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
109099011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (556kB) | Preview
109099011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
109099011 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
109099011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
109099011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
109099011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
109099011 BAB I.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
109099011 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
109099011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
Abstract
Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Percontohan Blangkejeren Gayo Lues. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada pelajaran Sains Kelas IV SD Negeri 2 Percontohan Blangkejeren Gayo Lues.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada pelajaran Sains dengan tujuan meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Percontohan Blangkejeren Gayo Lues yang berjumlah 28 orang dengan perincian 11 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Objek penelitian ini adalah Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada pelajaran Sains dalam meningkatkan minat belajar siswa pada materi pokok Energi Panas dan Bunyi di kelas IV SD Negeri 2 Percontohan Blangkejeren Gayo Lues T.A 2012/2013.Penelitian ini menggunakan dua siklus yaitu siklus I dan Siklus II. Dalam siklus I terdapat dua kali pertemuan dan siklus II juga dua kali pertemuan. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti memberikan kondisi awal untuk mengetahui minat belajar siswa pada pelajaran Sains khususnya materi pokok Energi Panas dan Bunyi. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan angket.Hasil penelitian yang diperoleh dengan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada saat kondisi awal, siklus I dan Siklus II adalah : pada kondisi awal nilai rata-rata minat belajar siswa tergolong rendah sebanyak 20 orang siswa (71.4%), minat belajar siswa tergolong sedang sebanyak 6 orang siswa (21.4%), minat belajar siswa tergolong tinggi sebanyak 2 orang siswa (7.2%). Pada siklus I minat belajar siswa tergolong rendah sebanyak 7 orang siswa (25%), minat belajar siswa tergolong sedang sebanyak 14 orang siswa (50%), minat belajar siswa tergolong tinggi sebanyak 7 orang siswa (25%). Pada siklus II minat belajar siswa tergolong sedang sebanyak 4 orang siswa (14.3%), minat belajar siswa tergolong tinggi sebanyak 24 orang siswa (85.7%), dan pada siklus II tidak ada minat belajar siswa yang tergolong rendah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran Sains di kelas IV SD Negeri 2 Percontohan Blangkejeren Gayo Lues T.A 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Hid u |
Keywords: | Minat Belajar; Model Pembelajaran; think Pair Share (TPS); Sains di SD; Energi Panas dan Bunyi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 07:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7516 |