Purba, Wieke Witanti (2013) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PERKEMBANGAN KARAKTER KERJA SISWA MENGHADAPI UJIAN DI SMP NEGERI 17 MEDAN TA. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
109851019 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
109851019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
109851019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
109851019 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
109851019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
109851019 BAB I.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
109851019 BAB V.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
109851019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok. Tujuan penelitin ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap perkembangan karakter kerja keras siswa menghadapi ujian di SMP N 17 Medan Tahun Ajaran 2013/2014.Subjek penelitian ini adalah kelas IX SMP N 17 Medan yang berjumlah 39 orang siswa. Adapun teknik pengambilan sampel data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebesar 12 orang yang diambil berdasarkan skor total dari pengisian instrumen angket yang mengandung karakteristik karakter kerja keras menghadapi ujian yang disebar pada siswa kelas yang dianggap memiliki sikap karakter kerja keras menghadapi ujian yang cenderung rendah. Dari penyebaran angket itu diperoleh data 9 orang yang memiliki skor rendah dan yang tinggi 3 orang. Hasil penentuan sampel ini dilakukan oleh peneliti bersama-sama guru BK di sekolah SMP N 17 Medan Tahun Ajaran 2013/2014.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum dilaksanakannya penerapan layanan bimbingan kelompok (pre test) keadaan karakter kerja keras menghadapi ujia dengan rata-rata 87,16 dan setelah dilaksanakan penerapan layanan bimbingan kelompok (post test) perkembangan karakter kerja keras menghadapi ujian siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata 100,16.Dari hasil uji hipotesis diperoleh t_hitung = 2,725 dan t_tabel = 1,796 sehingga diperoleh hasil t_hitung > t_tabel (2,725 > 1,796). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan layanan bimbingan kelompok memiliki pengaruh terhadap perkembangan karakter kerja keras siswa menghadapi ujian di SMP Negeri 17 Medan Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.404 7 Pur p |
Keywords: | Bimbingan Kelompok; Komponen Layanan; Tahap Kegiatan; Karakter; Karakter Manusia; Pengembangan Karakter |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF795 Temperament. Character L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 02:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7502 |